Longsoran Batu Tutup Akses Jalan Garut-Pameungpeuk

JABARNEWS | GARUT – Longsoran tanah dan batu berukuran cukup besar terjadi di Jalan Raya Garut-Pameungpeuk di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat Senin (02/03/2020) pagi. Mengakibatkan akses jalan tersebut lumpuh total.

“Telah terjadi longsor batu yang menutupi jalan raya tepatnya di Jalan Raya Garut-Pameungpeuk, Gunung Gelap, Cisompet,” ujar AKP Asep Nugraha, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut.

Ia menuturkan, longsoran batu berukuran cukup besar itu menutup seluruh badan jalan sehingga kendaraan roda dua dan empat dari arah Pameungpeuk menuju Garut maupun sebaliknya tidak bisa melewati jalur itu.

“Akses kendaraan kendaraan roda empat dan roda dua dari kedua arah masih belum bisa berjalan dikarenakan terhalang batu” ujarnya.

Kepolisian, lanjut dia, sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengevakuasi material longsoran batu agar arus lalu lintas secepatnya kembali normal.

“Menunggu tim evakuasi dari BPBD Garut dan alat berat yang sedang di perjalanan,” kata Asep.

Sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas telah diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas di jalur selatan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Bencana longsor dengan membawa material batuan itu sudah beberapa kali terjadi di jalan utama Garut-Pameungepuk pada musim hujan.

Peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa, hanya mengganggu arus lalu lintas kendaraan yang tidak bisa melewati jalur itu. (Ara)