Penerima PKH Harus Dilibatkan Dalam Sosialisasi Empat Pilar

JABARNEWS | CIAMIS – Anggota Komisi XI DPR-RI dari Fraksi Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan bahwa penerima mamfaat Program Keluarga Harapan (PKH) perlu dilibatkan dalam sosialisasi empat pilar.

Menurutnya, kehadiran penerima PKH sangat penting untuk membangun pemahaman program yang diberikan pemerintah.

“Ia mengatakan bahwa program PKH merupakan kelompok masyarakat yang secara langsung masuk dalam kategori masyarakat bawah (grasroot), penerima bantuan dari pemerintah yang dikategorikan sebenarnya merubah kata miskin menjadi keluarga harapan,” kata Anggota Komisi XI DPR-RI dari Fraksi Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa, saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar kepada penerima PKH di Hotel Priangan Ciamis, Senin (2/3/2020).

Oleh sebab itu menurut Agun, penerima PKH di Kabupaten Ciamis kali ini dilibatkan dalam sosialisasi empat pilar kali. Ini bertujuan untuk membangun pemahaman, bahwa program-program yang dikucurkan pemerintah bukan hanya dana desa tetapi ada program PKH dan bantuan pangan non tunai (BPNT) serta progran bantuan lainnya.

“Mereka juga harus tahu segala sesuatu yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan serta membawa aspek kemanusiaan dan menjaga ukhuwah persatuan dilingkungannya agar lebih baik,” ujarnya.

Agun menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang beradab sehingga prinsip NKRI dan Bhineka Tunggal Ika harus tetap melekat dalam diri masing-masing masyarakat. Maka dari itu semua program sejalan dengan kebijakan negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum serta ikut melaksanakan ketertiban dunia.

“Ini juga untuk memberikan pemahaman kepada penerima PKH tentang empat pilar kebangsaan, yaitu pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara,” tuturnya. (Tny)