Ada 50 Lebih Perawat Kontak dengan 2 Penderita Corona di Depok

JABARNEWS | DEPOK – Dua penderita virus corona (Covid-19) di Indonesia sebelum dirawat di RSPI Sulianti Saroso sempat menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga Depok pada 27-29 Februari. Saat itu, keduanya memeriksakan sakit flu dan sesak napas.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan perawatan tersebut membuat keduanya berkontak dengan perawat dan tenaga medis lainnya. Pihaknya, kini masih mencari tahu siapa saja yang berkontak dengan kedua penderita Covid-19 tersebut.

Meski belum bisa memastikan jumlahnya, ia memperkirakan ada 50 orang yang sempat berkontak dengan kedua penderita corona.

“Informasinya begitu. Belum pasti saya akan tanya lagi nanti, konfirmasi. Sekitar 50-an lah. Kayaknya lebih gitu,” kata Idris saat jumpa pers di kantor Walkot Depok, Senin (2/3/2020).

Saat ini para perawat tersebut sudah dirumahkan untuk sementara waktu. Pemkot Depok akan bekerja sama dengan rumah sakit untuk memeriksa pihak yang pernah berkontak langsung. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran corona.

“Kalau ada gejala atau hasil inspeksi dan termasuk pendalaman RS yang perawat terkena, rumah akan didatangi kalau segitu besar, kita akan seriuskan,” kata Idris.

Selain tenaga medis, Pemkot Depok juga akan memeriksa pasien yang diduga ikut berkontak dengan kedua penderita corona.

“Dan beberapa pasien yang sudah keburu pulang, dan ini dikhawatirkan mereka diduga sudah berinteraksi dengan tetangganya,” ucapnya. (Red)