Viral.. Penggunaan Tisu Basah Jadi Pengganti Masker, Apakah Efektif?

Hingga kini cara mencegah penularan virus corona adalah dengan mencuci tangan

Penggunaan risu basah. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Ancaman virus corona tengah menghantui warga dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Banyak orang berlomba membeli masker dan takut kehabisan stok karena munculnya kasus virus corona baru di Indonesia. Padahal penggunaan masker tak disarankan jika kamu sedang dalam kondisi sehat.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menggambarkan cara bagaimana membuat masker dari tisu basah. Berdasarkan pantauan Jabarnews.com, video yang diunggah akun @indonesiavoice di Instagram ini sudah dilihat 103.002 orang.

Baca Juga:

Penularan Coronavirus Mengintai Indonesia

RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terinveksi Coronavirus



Cara ini dianggap efektif oleh sebagian besar masyarakat mengingat stok masker yang habis dan harganya yang melonjak akibat virus corona Covid-19.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto menyebut menggunakan tisu basah sebagai pengganti masker tidak efektif karena bahannya yang basah sehingga debu akan menempel.

"Tisu basah jadi masker, kena debu nempel semua. Kan itu basah luar dalam. Kalau dibilang bisa ya bisa. Kita tidak terpaku dengan itu," terangnya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Virus Corona Terjangkit Virus Wabah Virus China Dinas Kesehatan Masker Tisu Basah Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Inilah Gejala Infeksi Virus Corona, dari Ringan hingga Berat

Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 41

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi