Viral.. Penggunaan Tisu Basah Jadi Pengganti Masker, Apakah Efektif?

JABARNEWS | BANDUNG – Ancaman virus corona tengah menghantui warga dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Banyak orang berlomba membeli masker dan takut kehabisan stok karena munculnya kasus virus corona baru di Indonesia. Padahal penggunaan masker tak disarankan jika kamu sedang dalam kondisi sehat.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang menggambarkan cara bagaimana membuat masker dari tisu basah. Berdasarkan pantauan Jabarnews.com, video yang diunggah akun @indonesiavoice di Instagram ini sudah dilihat 103.002 orang.

Baca Juga:  Forum Santri Majalengka Bersatu Deklarasi Jokowi 2 Periode

Cara ini dianggap efektif oleh sebagian besar masyarakat mengingat stok masker yang habis dan harganya yang melonjak akibat virus corona Covid-19.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto menyebut menggunakan tisu basah sebagai pengganti masker tidak efektif karena bahannya yang basah sehingga debu akan menempel.

Baca Juga:  Dramatisnya Evakuasi Mobil Terjebak Banjir Di Pasteur

“Tisu basah jadi masker, kena debu nempel semua. Kan itu basah luar dalam. Kalau dibilang bisa ya bisa. Kita tidak terpaku dengan itu,” terangnya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga:  SIM Seumur Hidup dan Pajak Motor Dihapuskan, Asalkan...

Hingga kini cara mencegah penularan virus corona adalah dengan mencuci tangan. Meski lebih disarankan menggunakan masker, namun penggunaannya lebih ditujukan bagi mereka yang sakit.

“Jangan terpaku pada prinsip itu. Kemudian tisu basah dipakai masker kalau kalau kamu punya masker ya pakai masker,” pungkasnya. (Red)