Inilah Cara Tepat Bicarakan Pada Anak Soal Virus Corona

JABARNEWS | BANDUNG – Seiring berkembangnya virus corona tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua.

Para orang tua pun tentu berupaya menjawab pertanyaan yang banyak diajukan para anaknya. Setiap hari ada banyak berita tentang penyebaran virus corona.

Dr. Nancy Messonnier, direktur Pusat Pengendalian Penyakit dan Pusat Nasional Pencegahan Imunisasi dan Penyakit Pernafasan di Amerika Serikat menjelaskan sebelum menjelaskan ke anak, orang tua disarankan memiliki pengetahuan yang cukup dulu terkait virus ini.

Pada saat ini, anak-anak Anda mungkin telah mendengar tentang virus corona baru, apakah itu dari cuplikan berita singkat atau dari anak-anak lain di sekolah.  Mereka mungkin memiliki anggota keluarga yang tinggal di negara-negara yang terkena dampak, atau yang telah dikarantina karena perjalanan internasional baru-baru ini. 

Baca Juga:  Dua Kecamatan Terujung Majalengka Berharap Jembatan Permanen

Jika mereka mendengar bahwa orang-orang di seluruh dunia sedang sekarat dan mendapat kesan horor dari virus ini, akan berbeda mendekatinya jika mereka memahami corona sebagai sakit biasa seperti flu.

Berikut adalah tips dari para pakar, seperti dikutip dari CNBC, bicarakan Virus Corona pada anak.



Bicara pada tingkat yang sesuai usia


Jika Anda berbicara dengan anak Anda tentang virus, Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, Ada banyak virus berbeda, seperti ketika perut Anda sakit, atau kadang-kadang ketika Anda menderita pilek.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk pemilik Rasi Bintang Aries, Taurus dan Gemini

Tergantung pada berapa usia anak Anda dan seberapa banyak mereka tahu, Anda mungkin juga mengatakan sesuatu seperti, “Penyakit ini berbeda dari pilek karena itu baru, tetapi orang-orang berusaha sangat keras untuk memastikan itu tidak menyebar, dan mereka mengobati  orang yang

Anda juga dapat mengatakan, Para ilmuwan dan orang-orang yang benar-benar pintar di seluruh dunia sedang mencoba mencari cara untuk menjaga orang tetap aman dan sehat.

Tekankan Soal Pentingnya Jaga Kebersihan

Pastikan anak-anak Anda mencuci tangan setidaknya selama 20 detik sebelum dan sesudah makan, setelah mereka pergi ke kamar mandi, setelah mereka masuk dari luar dan setelah mereka meniup hidung mereka atau memasukkan tangan mereka ke mulut mereka.

Baca Juga:  Deudeuh! Walikota Tasik Jadi Tersangka Kasus Suap

Pastikan, anak-anak harus mencuci tangan dua kali dan kemudian memastikan mereka mengeringkannya dengan seksama.  Pembersih tangan mungkin kurang efektif untuk anak kecil, karena mereka harus menguap sepenuhnya untuk membunuh semua kuman, dan anak-anak kecil mungkin bergegas untuk menyentuh mainan atau anak-anak lain sebelum pembersi. (Red)