Cegah Virus Corona, PDHI Jabar Larang Masyarakat Konsumsi Hewan Liar

JABARNEWS | CIAMIS – Terkait ditetapkan siaga 1 virus corona di Jawa Barat, Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat IV, drh. Siti Maemunah, MP meminta masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga.

Menurutnya, selain meningkatkan kebiasaan seperti diatas, masyarakat juga diimbau untuk tidak memakan hewan liar yang dapat memicu virus corona.

“Ia mengatakan bahwa kebiasaan mengkonsumsi hewan liar dapat kemungkinan tertular penyakit virus corona, termasuk interaksi dalam pengolahan hewan liar itu sendiri,” kata Ketua PDHI Jabar IV, drh. Siti Maemunah, MP, Rabu (4/3/2020).

drh. Siti menuturkan, virus corona sendiri terdapat di hewan-hewan liar, seperti anjing dan termasuk kelelawar.

“Maka dari, masyarakat diminta untuk tetap waspada, boleh saja kalau kontak dengan hewan peliharaan seperti anjing, asalkan anjing tersebut selalu dijaga perawatannya dan selalu di vaksinasi.

drh. Siti menjelaskan bahwa pada dasarnya virus itu belum ada obatnya, oleh sebab itu pencegahan Penyakit Virus sendiri yaitu di Vaksinasi.

“Dengan demikian, untuk antisipasi virus corona, masyarakat diminta untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan asuoan gizi yang seimbang, disamping itu, pemakaian masker dalam sehari-hari juga harus satu kali pakai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah China secara resmi mengumumkan larangan perdagangan dan konsumsi satwa liar yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona.

Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) menyetujui proposal larangan perdagangan satwa liar ilegal sebagai upaya mengurangi kebiasaan mengonsumsi satwa liar. Aturan ini disebut juga untuk melindungi kesehatan masyarakat dan keamanan ekologis. (Tny)