DPKPB Sebut Ancaman Longsor Masih Hantui Kabupaten Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purwakarta dengan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah longsor yang terjadi di kampung Sindangsari, RT 21/7, Desa Parakanlima, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (4/3/2020) pagi.

Menurut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono, bahwa akhir-akhir ini memang intensitas hujan cukup tinggi dalam waktu cukup lama, yang menyebabkan longsor di dataran tinggi seperti yang terjadi Desa Parakanlima itu.

“Tadi material longsor sempat menutupi jalan tapi kami bersama warga akhirnya berhasil membuka kembali tanah-tanah yang menutup jalan,” ungkap pria yang akrab disapa Wibi saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Dalam peristiwa tersebut, Wibi menegaskan tak ada korban jiwa dan kondisi di lokasi sudah kembali kondusif.

“Longsoran tanah berasal dari tanah-tanah tebing yang berada di pinggir jalan, dan Alhamdulillah kini sudah selesai ditangani,” ungkapnya.

Sekedar untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga sempat mengimbau kepada warga masyarakat yang berada di dataran tinggi, seperti Kecamatan Bojong, Kecamatan Darangdan, Kecamatan Pasawahan, Kecamatan Jatiluhur, dan lainnya untuk waspada, sebab pemda telah menetapkan status siaga bencana hingga akhir Juni 2020. (Gin)