Sandiaga Uno Sebut Covid-19 Berdampak Pada Penurunan Ekonomi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno menilai dengan merebaknya wabah virus Corona (covid-19) dapat berpengaruh pada ekonomi Indonesia.

“Dengan adanya corona, ekonomi pasti akan turun dan kita tidak akan mencapai target. Tapi kita harus menyikapinya dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang responsif,” kata Sandi saat di Universitas Islam Bandung (Unisba), Jalan Tamansari No 1 Bandung, Rabu (4/3/2020).

“Jadi misalnya suku bunga harus kita turunkan, karena pasti banyak sekali UMKM yang akan kesulitan bayar cicilan. Kita juga harus mereschedule hutang mereka dengan sistem perbankan,” lanjutnya.

Menurut Sandi, sektor pariwisata pun dinilai akan jadi tertekan oleh penyebaran wabah virus Corona. Karenanya, Sandi pun meminta pemerintah agar turut memperhatikan hal tersebut.

“Dari sektor-sektor pariwisata juga harus ada kemudahan juga. Agar nantinya wisatawan luar negeri yang tidak jadi datang, tergantikan dengan wisatawan dalam negeri,” jelasnya.

Tak hanya itu, Sandi juga menjelaskan, sektor manufaktur juga kesulitan mendapatkan suplai bahan-bahan baku. Dimana selama ini birokrasinya menghambat dan membuat lama barang-barang itu datang ke Indonesia.

“Jadi banyak sekali kebijakan-kebijakan responsif yang harus kita lakukan. BUMN juga sebagai benteng perekonomian harus mampu untuk menyikapi ini secara arif,” ungkapnya.

Kendati demikian, Sandi pun meyakini Indonesia mampu untuk bertahan dan justru mengambil peluang dalam situasi yang penuh tantangan ini. (RNU)