Keren! Puluhan Motor Ambulans Disiagakan Dalam Operasi Nataru

JABARNEWS | GARUT – Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat berkolaborasi membantu jajaran kepolisian dalam operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020. Khusus pengamanan Natal dan Tahun Baru menerjunkan tim medis yang siaga di pos utama yang didirikan kepolisian yakni di jalur Limbangan dan Kadungora.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut mengatakan pihaknya menyiagakan 30 unit sepeda motor ambulans yang berfungsi untuk membantu percepat evakuasi warga yang membutuhkan penanganan medis di saat terjebak macet selama operasi pengamanan Natal dan akhir tahun di Garut.

Baca Juga:  BPBD Garut Catat 10 Rumah di Banjarwangi Terancam Ambruk Karena Longsor

“Mobil, ada juga motor ambulans sudah kita siapkan untuk siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru,” ujarnya. Selasa (24/12/2019).

Dinkes Garut, lanjut dia, menyiapkan sepeda motor ambulans yang dilengkapi dengan peralatan medis penanganan awal bagi pasien sebelum akhirnya dibawa menggunakan mobil ambulans untuk menuju rumah sakit.

Baca Juga:  Penjelasan Bupati Cianjur Terkait Kebijakan Mundurkan Jadwal Masuk Sekolah

“Motor ambulans itu disiapkan di masing-masing Puskesmas, jika dibutuhkan akan datang ke lokasi, lalu pasiennya dibonceng,” kata Maskut.

Seluruh Puskesmas di Garut, kata dia, sudah diperintahkan untuk siaga selama 24 jam melayani warga, khususnya pengguna jalan yang melakukan perjalanan saat libur Natal maupun Tahun Baru.

Baca Juga:  Di Purwakarta Banyak Ditemukan Segel Logistik Pemilu Yang Rusak

“Di Puskesmas ini ada dua dokter, satu siaga, perawatnya ada enam orang yang siap memberikan pelayanan,” katanya.

Ia menambahkan, petugas medis dari Dinkes Garut juga disiagakan di tempat wisata untuk memberikan penanganan cepat apabila ada warga yang membutuhkan bantuan medis.

“Sama di tempat wisata kita siaga, terutama di wisata yang ada poskonya,” tandasnya. (Red)