Emil Sebut MUI Jabar Minta Umat Islam Menyiarkan Terkait Kebersihan

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, himbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat akan di sebarkan oleh MUI Jabar dan meminta ulama untuk menyiarkan tentang kebersihan.

“Imbauannya agar dalam ceramah-ceramah, para untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan, karena Virus Corona (Covid-19) ini tidak akan masuk ke orang-orang yang badannya fit,” kata Emil, sapaan akrabnya di Kantor MUI Jabar, Kamis (5/3/2020).

Emil menambahkan, dalam syariat Islam dianjurkan untuk rajin berwudhu, dan juga World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk masyarakat rajin cuci tangan, serta semua bagian yang perlu dibersihkan.

“Kalau kita selalu menjaga wudhu, rajin wudhu, Insya Allah minimal kita sudah melakukan tindakan prefentif pencegahan,” tuturnya.

“Kedua, juga ada imbauan untuk di akhir sholat ada qunut nazilah, itu adalah doa untuk menjauhkan kita dari penyakit dan malapetaka,” tambahnya.

Dia mengatakan, Ketua MUI Jabar nantinya akan menyampaikan ke ulama ulama di Jabar, supaya masyarakat mempercayakan penanganan sepenuhnya masalah Virus Corona (Covid-19) kepada pemerintah.

“Pemerintah juga punya standar dan protokolnya juga baru hadirkan pagi ini. Dan juga Jabar sudah punya pusat informasi dan koordinasi Covid19 di Gedung Sate,” jelasnya.

Menurutnya, setiap ada informasi yang meresahkan, pihaknya akan menginformasikan dan mengklarifikasi, serta pihaknya juga akan transparan.

“Kalau ada bilang ada, kalau tidak ada, masyarakat jangan termakan berita hoax,” tutupnya. (Rnu)