Masyarakat Kepuh Cirebon Curhat kepada Anggota DPRD

JABARNEWS | KAB.CIREBON – Masyarakat Desa Kepuh, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menyampaikan aspirasinya kepada anggota DPRD setempat terkait sejumlah janji dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon yang belum terealisasi.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Heri (50) mengatakan di tahun 2016 lalu, Pemkab Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup menetapkan lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Blok Gunung Santri hingga saat ini menyisakan banyak masalah.

Pada saat itu, ujar Heri, Bupati Cirebon Selly dan Kepala Desa Wardaya membuat MOU dengan delapan poin, diantaranya adanya bantuan keuangan untuk Desa Kepuh sekitar Rp500 juta, dan peningkatan jalan dari Gunung Santri TPA menuju Kedongdong dengan panjangnya 500 meter.

“Janji tinggal lah janji hingga tahun 2020 sampai sekarang tak pernah kunjung terealisasi,” kata Heri saat kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Suryanti, di Balai Desa Kepuh, Kamis (5/3/2020).

Sementara itu, Maskari selaku Kuwu (Kades) Kepuh, meminta pihak-pihak terkait untuk memperhatikan kondisi desanya yang menjadi lokasi TPA sampah. Jika memungkinkan, sampah-sampah yang ada di TPA jangan dibiarkan menggunung tapi diolah, salah satunya menjadi pupuk.

“Kami siap mendukung bila ada investor atau dinas terkait yang memberikan perhatian khusus. Apalagi desa kami memiliki alam yang masih bagus untuk dijadikan wisata karena dikelilingi pegunungan,” ujarnya.

Maskari bertekad, untuk menjadikan Desa Kepuh menjadi Desa Berseri, yaitu Bersih, Sehat, Rajin dan Iman.

Sementara itu, Suryanti, anggota DPRD Kabupaten Cirebon, mengapresiasi sekali semangat Kuwu dan masyarakat Desa Kepuh menyuarakan apirasinya demi kemajuan dan sejahteraan masyarakatnya.

Dengan adanya informasi yang diterimanya tentang masalah sampah, Suryanti mengaku, akan mengajak Dinas Lingkungan Hidup, Ketua DPRD dan Pemkab Cirebon untuk meninjau dan membicarakan penanganan lokasi TPA Gunung Santri.

“Aspirasi masyarakat Desa Kepuh ini akan saya tampung, dan segera saya tindaklanjuti, yaitu mengadakan pertemuan dengan Ketua DPRD dan Pemkab Cirebon melalui OPD terkait. Dengan harapan keinginan masyarakat Desa Kepuh bisa segera direalisasikan,” katanya. (Fii)