DPRD Jabar Minta Kades Tenangkan Warganya Terkait Covid-19

JABARNEWS | CIAMIS – Terkait adanya sejumlah kepanikan warga terkait Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, terutama di Jawa Barat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi 1 Fraksi Gerindra, Hj. Tina Wiryawati, SH meminta harus ada penerangan yang valid tentang informasi Virus Corona kepada seluruh masyarakat, terutama bagi masyarakat di pedesaan.

Menurutnya, hampir sebagian masyarakat di tanah air mengalami kekhawatiran terkait wabah Virus Corona itu, karena hampir sebagian besar masyarakat mengetahui dari media sosial.

“Kebanyakan informasi masalah Virus Corona itu masyarakat tahunya dari media sosial, jadinya tingkat rasa kekhawatiran masyarakat menjadi cukup tinggi,” kata anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi 1 Fraksi Gerindra, Hj. Tina Wiryawati, SH, saat berkunjung ke Kabupaten Ciamis, Jumat (6/3/2020).

Dengan tingkat rasa kekhawatiran yang semakin tinggi, banyak masyarakat yang sengaja membeli sembako maupun masker dengan jumlah yang banyak. Dalam menyikapi hal tersebut seharusnya pemerintah dapat memberikan keterangan yang valid, sehingga masyarakat tidak akan bingung dan panik serta tidak menimbun kecemasan yang berlebihan.

Adapun informasi yang disampaikan, ujar Tina, seperti pola pencegahaannya dan bagaimana menjaga pola hidup bersih dan sehat kepada seluruh masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat dapat informasi dari media sosial, yang nanti ujung-ujungnya menjadi hoaks atau berita bohong hingga menimbulkan kepanikan yang berlebihan,” jelasnya.

Seperti halnya di pedesaan, kepala desa (Kades) harus memberikan informasi yang valid kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para ibu-ibu tentang apa itu virus corona.

“Jadi Kepala Desa juga harus mampu mengarahkan masyarakat yang ada di pedesaan supaya tidak panik dan tidak menimbulkan keresahan dengan adanya virus corona,” ucapnya. (Tny)