Cegah Covid-19, Ini Imbauan Dewan Masjid Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Sehubungan dengan masuknya wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia, Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid dan musholla menjaga kebersihan wilayah lingkungan masjid maupun mushollah.

Hal ini disampaikan melalui surat imbauan Nomor 041/PP-DMI/A/11/2020, tanggal 2 Maret 2020, yang ditujukan kepada seluruh jajaran Pimpinan Wilayah, Daerah, Kecamatan, dan Ranting Dewan Masjid Indonesia, yang ditandatangani Ketua Umum DMI, H.M Jusuf Kalla dan Sekretaris Jenderal H. Imam Addaruqutni.

Dalam surat tersebut, Pengurus Pusat DMI mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting melakukan langkah Sanitasi Siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau Musholah, dengan kontinyu menjaga kebersihan lantai masjid atau mushollah menggunakan cairan disinfektan.

Mengingatkan agar kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dijaga secara rutin menggunakan vacuum cleaner atau alat dan bahan pembersih lainnya.

Selain itu, kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan perlu diitensifkan di setiap mesjid.

Sementara para jamaah yang shalat berjamaah di mesjid, diimbau membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

Bagi jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma, dianjurkan melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh.

Para jamaah juga diharapkan pro aktif mengawasi penyebaran/penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap dan melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus tersebut. Khususnya di sekitar masjid atau mushollah. (Red)