MUI Ciamis Minta Mbah Gondrong Untuk Bakar Benda Diduga Tuyul

JABARNEWS | CIAMIS – Penemuan dua mahluk berwujud tuyul di dalam sebuah botol kaca yang ditemukan oleh Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong warga Dusun Pahauran RT 02 RW 06, Desa Sindangsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini makin hangat di perbincangkan masyarakat.

Bahkan semenjak penemuan dua mahluk tersebut, Mbah Gondrong kerap di datangi orang, baik dari luar kampung hingga dari luar Kabupaten Ciamis.

Sardi salah seorang warga sekitar mengaku bahwa walaupun sosok benda itu tidak bergerak hingga saat ini, puluhan masyarakat dari berbagai daerah berbondong-bondong mengunjungi rumah Mbah Gondrong.

“Menurutnya, Mbah Gondrong sendiri dikenal sebagai orang pintar dan sering dipanggil untuk menyembuhkan orang yang kesurupan,” ujarnya. Minggu (8/3/2020)

Sardi mengatakan bahwa banyak orang dari daerah lain yang datang kerumahnya untuk meminta air doa, dan sekali-kali juga dia suka dipanggil ke Kampung lain untuk menyembuhkan kesurupan atau sakit karena tidak wajar.

Sementara menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis, Pjs KH. Saeful Ujun meminta masyarakat untuk tidak percaya hal yang seperi itu.

“Ia mengatakan bahwa dengan adanya aktifitas penemuan yang diduga tuyul tersebut dapat mengarahkan umat ke jalan yang musyrik,” ujarnya.

KH. Saeful Ujun menegaskan bahwa masyarakat hendaknya berhati-hati, jangan sampai terjerumus ke lubang yang dapat merusak akidah dan keimanan.

“Oleh sebab itu jika manusia mempercayai dan meyakini kekuatan ghaib selain Allah SWT adalah perbuatan musyrik,” ungkapnya.

Dengan begitu Pjs Ketua MUI Kabupaten Ciamis tersebut meminta Ibnu Kasir untuk memusnahkan benda tersebut dengan cara dibakar atau di hanyutkan ke tempat yang jauh.

“Jika benda tersebut dimusnahkan, nantinya masyarakat bisa terhindar dari kesesatan. Haram hukumnya jika digunakan sebagai khodam apalagi percaya jika benda tersebut mempunyai kekuatan,” ucapnya. (Tny)