Emil Arahkan Kadisdik Se-Jabar Tetapkan Prosedur Pencegahan Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengoordinasikan seluruh kepala Dinas Pendidikan dari 27 Kabupaten/kota di Jabar karena banyak peristiwa dan kegiatan yang mungkin perlu arahan mengingat merebaknya Covid-19.

Arahan pertama, kata dia, adalah informasi dan koordinasi kalau menyangkut masalah virus Covid-19 ini, yang wadahnya ada di Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar).

“Termasuk akun di media sosialnya sebagai referensi untuk melakukan edukasi,” kata pria yang akrab disapa Emil ini di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Bandung, Senin (9/3/2020).

Baca Juga:  Pembunuh Wanita di Bekasi Ternyata Ingin Setubuhi Korban tapi Ditolak

Yang kedua, lanjut dia, yakni memperkuat gerakan hidup sehat untuk memastikan cuci tangan sebelum masuk kelas, perbanyak wastafel cuci tangan dengan sabun antiseptik.

“Saya imbau ada gerakan bersih-bersih sekolah tapi dilengkapi dengan disinfektan untuk menyempurnakan kebersihannya,” jelasnya.

Ketiga, Emil menjelaskan bahwa tidak boleh ada stigma-stigma yang keliru karena ada satu laporan yang hanya gara-gara orangtuanya pekerja rumah sakit, terus anaknya kena bully juga.

Baca Juga:  Mahasiswa Fak. Kedokteran Undip Kunjungi TBM Nurul Huda Majalengka

“Tapi itu sudah diselesaikan, itu datang dari pengetahuan yang terbatas dari para orangtua,”

Emil memaparkan, bahwa yang keempat adalah menghindari kegiatan-kegiatan yang sifat dan jumlahnya massal dan outdoor ataupun banyak interaksi fisik.

Dia menyebut, poin kelima merupakan kepanikan masyarakat. Oleh karena itu, Emil meminta pada kepala dinas untuk melakukan inisiatif terutama ke kepada orang tua murid.

Baca Juga:  Ratusan Kios Di Pasar Induk Gede Bage Terbakar

“Sudah dilakukan prosedur jika ada orang tua atau anaknya bepergian ke luar negeri maka diimbau untuk melakukan karantina sendiri. Tapi kalau ternyata berlanjut dan ada gejala untuk dilakukan prosedur berjenjang,” ujarnya.

“Kita lakukan jadi sejauh ini semua langkah dan upaya yang dilakukan di Jabar sudah sangat terinformasikan khususnya di lingkungan pendidikan di Jabar,” tutupnya. (RNU)