Bio Farma Pastikan Vaksin Daya Tahan Tubuh Aman Cegah Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Di saat korban tewas akibat virus corona terus berjatuhan dan penyebarannya makin meluas, pertanyaan mengenai adakah vaksin dari virus asal Wuhan, China itu pun bermunculan.

Sebab, virus yang mirip penyebab SARS ini telah membuat geger dunia. Virus 2019-nCoV telah memakan korban jiwa sejak ditemukan pada Desember lalu.

Vaksinasi adalah tindakan pemberian vaksin baik dengan proses disuntikkan maupun diteteskan pada mulut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produksi antibodi agar dapat menangkal penyakit-penyakit tertentu. Proses vaksinasi hanya bisa dilakukan oleh tim medis pada rumah sakit.

Metode pemberian vaksin pada tiap orang juga berbeda, tergantung usia pemberian dan jenis vaksin apa yang diterima oleh seseorang. Pemberian vaksin terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus penyebab penyakit. Selama ini pemberian vaksin dan imunisasi seringnya difokuskan pada bayi dan balita. Ternyata, orang dewasa pun perlu divaksin.

Merebaknya virus corona di dunia tak terkecuali di Indonesia membuat PT Bio Farma (Persero) memastikan stok vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh khususnya dari ancaman penyakit influenza dalam kondisi aman mencukupi dalam rangka mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

“Ya kalau stoknya kami masih aman,” ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir saat dihubungi di Jakarta.

Dia menambahkan bahwa pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir memerintahkan BUMN farmasi untuk mempertahankan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga cairan antiseptik di tengah merebaknya COVID-19.

BUMN farmasi juga diminta untuk mempertahankan ketersediaan stok dan menjaga stabilitas harga masker dam alat pelindung diri.

Perintah Menteri BUMN tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nokor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran CoronaVirus Disease 2019 (COVID-19).

Salah satu maksud dan tujuan perintah Menteri BUMN tersebut adalah memperkuat business contingency plan untuk menjaga stabilitas dan keberlanjutan operasional maupun bisnis BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir juga mendorong BUMN farmasi yakni Bio Farma untuk mengembangkan COVID-19 dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus tersebut.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa BUMN farmasi ini akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga riset kesehatan dan vaksin baik tingkat nasional maupun internasional, seperti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Terkait hal ini, Bio Farma berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Purwanto terkait kemungkinan untuk meneliti sampel COVID-19 untuk membuat vaksinnya. (Ara)