Begini Cara Warga Purwakarta Sulap Sampah Untuk Percantik Lingkungan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Memanfaatkan dan mendaur ulang sampah menjadi alat untuk mempercantik lingkungan yang terkesan kumuh menjadi menarik dan indah, dilakukan warga Kampung Malang Nengah Wetan, Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta patut dicontoh.

Berbekal kreativitas warga, sampah yang disulap adalah ban bekas yang dimodifikasi kemudian dicat warna cerah. Membuat mural atau lukisan pada dinding yang berada di bahu jalan di kampung itu juga menambah keindahan tataran lingkungan.

Kreativitas warga tersebut digagas seorang perempuan bernama Eni Lestiorini yang mengharapkan warga peduli terhadap lingkungan.

“Awalnya banyak sampah berceceran di sini dan saya tergugah untuk merubah lingkungan menjadi indah dan penuh kreativitas, kemudian saya mengajak para pemuda untuk berkreasi sesuai yang dimiliki,” jelas Eni, pada Selasa (10/3/2020).

Dijelaskannya, program percantik lingkungan ini belum rampung terselesaikan. Rencananya sepanjang bahu jalan sekitar satu kilometer ini akan dihiasi beragam kreativitas memanfaatkan sampah kering tak terusai.

Sementara, lanjut Eni, sampah mudah terusai akan dimanfaatkan untuk pupuk tanaman hidroponik. Karena nantinya di bahu jalan ini juga akan di percantik dengan tanaman hidroponik.

“Ketika sudah memasuki musim panen akan dijual ke warga, namun sistemnya ditukar dengan sampah, jadi perputaran uang tetap di sini,” ungkap Eni.

Sementara, Lurah Nagri Kidul, Engkun Kuntadi, mengapresiasi inisiasi warga mempercantik lingkungan sekaligus mengurangi sampah dengan menciptakan produk kreatif.

“Kita akan lakukan pendampingan. Hasil ini menjadi percontohan bagi RW lainnya di kelurahan Nagri Tengah,” tandasnya. (Gin)