Pemprov Jabar Siapkan Peralatan Penanganan Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sedang menyiapkan peralatan keamanan atau perlindungan untuk menangani pasien yang positif terinveksi virus corona (Covid-19).

Hal tersebut menindaklanjuti kejadian di Tasikmalaya yang menggunakan jas hujan sebagai pengganti alat keamanan Covid-19. Proses pembelian alat tersebut menggunakan dana hibah Pemprov Jabar.

“Ya, kita sedang siapkan, sedang direkap, alat permintaan terbesar itu alat perlengkapan keamanan ya. Kayak jas hujan itu, itu sudah kita coba belanjakan lewat dana tidak terduga,” kata Emil, sapaan akrabnya di Command Center, Gedung Sate, Bandung, Selasa (10/3/2020).

Terkait anggaran penanganan Covid-19, Emil menjelaskan bahwa pihaknya menggunakan anggaran yang sudah ada yakni kesehatan normal kabupaten/kota. Selain itu, ada yang bersifat emergensi yang menggunakan dana tidak terduga atau dana hibah senilai 5 miliar.

“Untuk yang sifatnya emergensi, kita kan ada 5 miliar dana tidak terduga yang sudah dikonsultasikan dengan dewan bisa dibelanjakan dan dimaksimalkan untuk apapun kebutuhan peralatan menghadapi Covid-19. Kalau kurang nanti ditambahin. Mayoritas permintaanya alat pengaman dan respiratory,” jelasnya. (RNU)