BMKG dan LPBI NU Kabupaten Purwakarta Gelar Literasi Iklim Bagi Pelajar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kabupaten Purwakarta menggelar literasi iklim bagi pelajar Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) di Madrasah Aliyah Al Irfan, pada Rabu (11/3/2020).

Staf Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara, Deputi Bidang Klimatologi, BMKG, Nizar Manarul Hidayat mengatakan, literasi iklim sangat penting bagi pelajar. Ini merupakan bagian dari desiminasi BMKG.

“BMKG bertugas menyampaikan informasi dini berkaitan dengan kondisi cuaca,” ungkapnya.

Dia mengatakan, siswa sangat penting untuk mengetahui kondisi iklim yang akan terjadi sehingga dapat melakukan langkah-langkah antisipasi atau tindakan tertentu yang bisa dilakukan.

“Pendidikan sejak dini mengenai iklim dan hal terkait sangat penting dengan kolaborasi bersama sektor pendidikan, untuk memberikan pemahaman tentang cuaca, iklim dan bencana yang terkait,” kata Nizar, saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Dijelaskannya, potensi bencana makin tahun makin banyak, untuk itu temen-temen yang ada di daerah ini khususnya generasi muda, pihakya berikan terkait informasi iklim dan kualitas udara itu.

“Kedepan, mereka nanti di diharapkan menjadi duta iklim di masing-masing daerah ini. Alhamdulillah LPBI NU Kabupaten Purwakarta sangat mendukung kegiatan ini dan insya Allah kita akan kegiatan ini berkelanjutan,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum LPBI NU Kabupaten Purwakarta, Riana A. Wangsadiredja mengatakan LPBI NU Purwakarta menyambut baik kegiatan tahunan seperti ini. Dan berharap kemitraan antara LPBI NU Kabupaten Purwakarta dan BMKG bisa berlanjut dan lebih luas lagi bidang kerjasamanya.

“LPBI NU Purwakarta sebagai wadah aksi lingkungan dan kemanusiaan tentunya akan meneruskan kegiatan-kegiatan seperti ini di Purwakarta,” ujar Riana. (Gin)