Tingkatkan Angka Kunjungan, Pemkab Cianjur Gencar Promosi Wisata

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur akan mengalokasikan dana untuk pengembangan dan pembangunan sarana dan prasarana penunjang di sejumlah tempat wisata yang berada di Cianjur, termasuk destinasi wisata baru.

Menurut, Yudi Ferdiana, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, pihaknya akan melakukan promosi besar-besaran serta mendirikan Touris Information Center di Cianjur, bentuk dukungan atas pengembangan dan pembangunan serta memperkenalkan detinasi wisata baru di Cianjur utara hingga selatan.

“Promosi wisata tersebut akan memudahkan dan menarik wisatawan untuk datang berlama-lama di Cianjur yang memiliki banyak destinasi wisata baru mulai dari taman alun-alun sampai air terjun di wilayah selatan yang sangat menjanjikan,” katanya.

Baca Juga:  Malang Nasib Rohidin, Rumahnya di Campaka Cianjur Tertimpa Longsor

Pasalnya, keindahan alam di Cianjur sangat menjual dan berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, seperti nuansa pantai yang berbaur dengan alam pertanian serta puluhan air terjun dengan keelokan yang tidak dimiliki wilayah lain.

“Promosi menjadi utama untuk meningkatkan angka kunjungan dan rekomendasi bagi wisatawan untuk datang. Promo ini akan diawali dengan medis sosial, media cetak dan elektronik hingga pameran pariwisata yang digelar atau diikuti,” katanya.

Baca Juga:  IJTI Purwasuka Kecam Kekerasan Terhadap Seorang Jurnalis di Purwakarta

Sementara itu, sejumlah pengelola tempat wisata di Cianjur utara, berharap pemerintah daerah membangun infrastruktur yang layak sebagai penunjang wisatawan untuk menuju tempat wisata yang ada di wilayah tersebut.

“Kalau jalur Puncak II dibangun disertai dengan pelebaran jalan ke setiap destinasi wisata yang ada, tentunya akan berdampak terhadap peningkatan angka kunjungan. Harapan kami pemerintah daerah dapat memperhatikan hal tersebut,” ujar Abdul Hamid, pemilik tempat wisata Kampung Irigasi dilansir dari antara (21/11/2019).

Baca Juga:  Personel Berprestasi, Kapolres Cianjur Pimpin Kenaikan Pangkat dan Penghargaan

Pasalnya selama ini, angka kunjungan ke tempat wisata yang ada terus meningkat namun tidak bertambah karena sarana dan prasarana penunjang jalan yang belum maksimal, sehingga kendaraan besar jenis bus sulit untuk masuk.

“Kami mengembangkan wisata alam dengan modal pribadi, sehingga cukup dikenal berbagai kalangan dari luar daerah, namun belum maksimalnya infrastruktur penunjang, membuat angka kunjungan tidak bertambah,” ujarnya. (Ara)