aqua

Survei Sebut DPD RI Lembaga Paling Dipercaya Daripada DPR

DPD RI menempati urutan nomor 8 dengan tingkat kepercayaan masyarakat 54,3 persen. Sedangkan DPR berada di urutan 13, yaitu 44,8 persen.

Ketua Komite I DPD Agustin Teras Narang, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari menjadi pembicara pada diskusi MPR Rumah Kebangsaan. (Foto: JPNN)

Dari tiga lembaga tinggi negara yang berkantor di Komplek Parlemen Senayan, maka urutan tingkat kepercayaan masyarakat adalah pertama MPR, DPD RI dan terakhir adalah DPR RI.

Menurut dugaan Qodari, mengapa tingkat kepercayaan MPR dan DPD RI jauh lebih tinggi dari DPR karena kewenangan MPR dan DPD RI itu relatif terbatas dibandingkan dengan DPR.

Baca Juga:

Empat Isu Aktual yang Direspon Ketua DPR

Rumor Paham Radikal Susupi KPK, Karena Pegawai Gunakan Celana Cingkrang



“Karena kewenangannya relatif terbatas, lebih jarang tampil, jarang tampil kontropversi dan karena secara wewenang berkurang, maka potensi penyalahgunaan jabatan juga menjadi berkurang,” kata Qodari.

Jika dilihat di Undang-undang Susduk, jelas Qodari, antara DPR dengan DPD RI walaupun sama-sama dipilih, bahkan DPD dipilih secara langsung, tunjuk nama, orang dan ada foto. Sementara DPR itu bisa partai, bisa orang.

“Tapi kalau bicara kewenangan, semua kewenangan itu notabene dalam pembuatan undang-undang adanya di DPR dan DPD RI posisinya memberikan saran dan masukan,” kata Qodari.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Lembaga Survey Indo Barometer DPR RI DPD Ri MPR MPR Rumh Kebangsaan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Kiayi Maman Dipastikan Melenggang Lagi ke Senayan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi