Delegasi dari Belanda Sambangi Perusahaan Benih Lokal di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Perusahaan benih lokal di Purwakarta, PT East West Seed Indonesia (Ewindo) yang terletak di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta dikunjungi Delegasi dari negeri Belanda yang dipimpin Wakil Menteri Pertanian Alam dan Kualitas Pangan, Jan Kes Goet, pada Kamis (12/3/2020).

Kunjungan Jan Kes Goet tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan selama kunjungan Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda ke Indonesia beserta 130 delegasi untuk mempererat hubungan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Belanda di Bidang Perekonomian, antara lain di sektor pertanian termasuk hortikultura.

Pada acara tersebut, nampak hadir mendampingi antara lain adalah Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede, Deputy Managing Director, Afrizal Gindow, Jajaran Board of Directors Ewindo dan para tamu undangan.

Dalam paparannya dihadapan rombongan dari Belanda Managing Director PT East West Seed Indonesia, Glenn Pardede mengatakan, PT East West Seed Indonesia (Ewindo) adalah perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia yang memiliki komitmen sebagai Sahabat Petani yang paling baik.

“Ewindo menghasilkan benih sayuran berkualitas terbaik melalui kegiatan pemuliaan tanaman yang didukung oleh teknologi yang canggih dan mumpuni untuk meningkatkan pendapatan petani,” ungkap Glenn.

Dijelaskannya, dalam pengembangan benih Ewindo menempatkan tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman di bidang pemuliaan tanaman dan perbenihan.

“Hasil penelitian dan pengembangan benih sayuran ini diproduksi, diproses dan dikemas serta dipasarkan untuk petani Indonesia dengan merek dagang Cap Panah Merah,” imbuhnya.

Dia juga menegaskan, lebih dari tiga dekade perusahaan yang berlokasi di Desa Benteng Kecamatan Campaka, Purwakarta itu selalu menyediakan benih yang sehat dengan kemurnian genetika tinggi serta daya kecambah yang baik untuk mendapatkan hasil yang tinggi.

“Hal ini sesuai dengan permintaan konsumen dan menjadi kunci sukses petani Indonesia,” jelas.

Sementara, Wakil Menteri Pertanian Alam dan Kualitas Pangan Belanda, Jan Kees Goet, yang di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, memberikan apresiasi kepada Ewindo atas kontribusinya memajukan sektor hortikultura di Indonesia melalui penyediaan benih berkualitas.

“Keberhasilan produksi hortikultura sangat ditentukan oleh penggunaan benih varietas unggul. Oleh karena itu, ketersediaan benih unggul secara berkelanjutan sangat penting peranannya dalam memajukan sektor pertanian di suatu negara,” ujar Jan Kees Goet. (Gin)