MU Menggila, Libas LASK Lima Gol Tanpa Balas

JABARNEWS | Bandung – Manchester United (MU) menggila, melibas sohibul bait LASK dengan lima gol tanpa balas, pada leg pertama Babak 16 Besar Piala Eropa, Jumat (13/3/2020) dini hari.

Gol-gol MU dicetak oleh Odion Ighalo (28’), Daniel James (58’), Juan Mata (82’), Mason Greenwood (90+1’), dan Andreas Pereira (90+3).

Berlaga di Linzer Stadion, Austria, MU berhasil mempertontonkan kedigdayaannya, sekaligus mencatatkan tren positif belum terkalahkan dalam 11 pertandingan di semua ajang kompetisi, dengan catatan 8 kali menang dan 3 kali seri.

Adalah Bruno Fernandes yang tampak dominan menjadi pengatur serangan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut, terutama pada babak kedua.

Pada babak pertama Bruno tampak mendapat perhatian khusus dari Des Laskler – julukan LASK. Ia kerap mendapat kawalan ketat, bahkan ada kalanya sampai 3 – 4 pemain lawan mengepung mantan kapten Sporting Lisbon tersebut.

Barulah setelah Gernot Trauner dkk. menerapkan permainan terbuka untuk mengejar ketertinggalannya, Bruno bisa lebih leluasa memainkan perannya sebagai pengatur serangan. Terutama di babak kedua.

Walaupun tidak mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol, tapi berperan untuk gol yang dicetak Odion Ighalo pada menit 28’. Begitu pula dengan gol ketiga yang dicetak Juan Mata pada menit 82’ babak kedua, berawal dari sodoran menusuk Bruno.

Itu juga berarti bahwa Bruno menambah catatan positifnya di Liga Eropa bersama MU. Pemain timnas Spanyol, yang semula diejek fans MU mirip penjual kebab Turki itu, telah membantu terciptanya empat gol, selain mencetak enam gol atas namanya sendiri.

Wajarlah jika kini Bruno dianggap pemain yang mampu menularkan aura positif kepada pemain MU lainnya. Tak cuma di lapangan hijau, pun di ruang ganti dan tempat latihan. Bruno telah mampu menggantikan peran, yang sedianya diharapkan datang dari Paul Pogba.

Gol kedua MU dilesakkan Daniel James pada awal-awal babak kedua. Ia menggocek bola melewati bek lawan, lalu menendang bola menyusur tanah ke sudut kanan gawang LASK. Dan tak mampu dibendung kiper, Alexander Schlager.

Gol tersebut menandai berakhirnya kemandulan James dalam mencetak gol bersama The Red Devils sejak 31 Agustus 2019 lalu.

Gol keempat dan kelima bagi The Red Devils, dibukukan oleh jajaka Mason Greenwood dan Andreas Pereira pada masa perpanjangan waktu babak kedua. Sekaligus memberikan kesan khusus, karena kelima gol MU dicetak oleh pemain yang berbeda.

Dengan kemenangan tersebut bisa dikatakan MU sudah setengah badan lolos ke babak selanjutnya di Piala Eropa, yang disebut-sebut sebagai ajang kompetisi kasta kedua di Benua Biru, setelah Liga Champions.

Pada pertandingan leg kedua nanti akan berlangsung di kandang MU, yang kini sudah memperlihatkan keangkerannya lagi. Bagi MU, Babak Delapan Besar sudah tampak di depan mata.

Susunan starter kedua tim:

LASK: Alexander Schlager (GK): Christian Ramsebner, (c) Gernot Trauner, Reinhold Ranftl; Dominik Reiter, James Holland, Peter Michorl, Rene Renner; Samuel Tetteh, Klauss, Dominik Frieser

Manchester United: Sergio Romero (GK): Brandon Williams, Eric Bailly, (c) Harry Maguire, Luke Shaw, Scott McTominay, Fred; Juan Mata, Bruno Fernandes, Daniel James, Odion Ighalo.

Hasil Piala Eropa lainnya dini hari tadi: Eintracht Frankfurt 0 – 3 Basel; Istambul Basaksehir 1 – 0 FC Kopenhagen; Olympiakos Piraeus 1 – 1 Wolverhampton Wanderers; Rangers 1 – 3 Bayer Leverkusen; Wolfburg 1 – 2 Shakhtar Donetsk. (Red)