Ribuan Warga Ciamis Gelar Istighosah Bersama Tolak Virus Corona

JABARNEWS | CIAMIS – Virus Corona (Covid-19) yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, China, kini telah menjadi ancaman seluruh negara di dunia, seperti halnya di negara Indonesia, virus tersebut sudah menyebar bahkan telah merenggut warga tanah air hingga meninggal dunia.

Untuk menghindari ancaman virus corona tersebut, ribuan masyarakat Kabupaten Ciamis lakukan Istighosah Akbar dan doa bersama dalam rangka memohon perlindungan dan keselamatan dari wabah virus corona di Alun-Alun dan Halaman Mesjid Agung Ciamis, Jumat Pagi (13/3/2020).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan bahwa virus corona sudah menyebar di 108 Negara, salah satunya di Negara Indonesia, oleh sebab itu mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini mendapat ridho dan perlindungan dari berbagai ancaman marabahaya penyakit, virus maupun bencana.

“Ia mengatakan bahwa salah satu pencegahan virus corona tersebut biasakan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), baik dimulai dari pola makan yang teratur, berolahraga, selalu mencuci tangan dan berwudhu,” katanya, Jumat (13/3/2020).

Herdiat juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis supaya lebih berhati-hati jika bepergian ke wilayah yang terindetifikasi virus corona, kalau memang tidak penting-penting amat lebih baik dihindari.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik berlebihan, apalagi sampai memborong makanan maupun masker, menurutnya saat ini masker di toko obat maupun apotek di Kabupaten Ciamis sudah mengalami kelangkaan, oleh sebah itu jangan panik, karena masker sendiri digunakan untuk orang-orang sakit dan terkena virus corona,” jelasnya.

Maka sebab itu kata Herdiat, kita yang sehat jangan takut maupun panik, kita harus meyakini, kita tingkatkan keimanan maupun ketaqwan kita kepada Allah SWT.

“Kita yakini yang membuat penyakit maupun menyembuhkan sebuah penyakit adalah Allah SWT, kita selaku manusia hanya berusaha dan ikhtiar, dokter, suster maupun perawat hanya mengobati, tetap yang menyebuhkan adalah Allah SWT,” ungkapnya.

Oleh sebah itu kita memohon dan berdoa bersama supaya dijauhkan dari berbagai macam penyakit maupun wabah Virus Corona, dan bencana alam. (Tny)