Waspada Corona, JK Pimpin Langsung Gerakan Semprot Disinfektan 10 Ribu Masjid

JABARNEWS | JAKARTA – Sebanyak 10 ribu Masjid se-Wilayah DKI Jakarta akan dilakukan penyemprotan dengan disinfektan untuk pencegahan penularan virus corona (Covid-19).

Kegiatan penyemprotan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla bertempat di Masjid Al Munawar, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

“Lebih baik kita sibuk sekarang daripada sibuk di rumah sakit,” kata JK.

JK mengingatkan gerakan tersebut bagian dari pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di masyarakat dengan menyasar tempat ibadah, yakni masjid.

Menurut JK, belum ada temuan orang yang terjangkit dari masjid, namun gerakan bersih-bersih masjid tersebut dilakukan supaya jangan sampai kejadian dulu baru pencegahan.

“Justru dipertahankan kebersihan itu, mau nanti sudah ada apa-apa baru dibersihkan itu beredarnya cepat, karena dengan mudah, lebih baik capek sekarang dari pada nanti,” kata JK.

JK meminta DMI di daerah untuk memanggil semua pengurus masjid dan melakukan gerakan bersih-bersih masjid yang bisa dilakukan setiap Jumat.

Membersihkan masjid, lanjut JK, minimal menggunakan karbol. DMI siap membagikan karbol ke sejumlah masjid yang ada di Jakarta maupun di Indonesia.

“Panggil semua pengurus masjid, bersihkan sendiri, pakai karbol, jangan tidak pakai, mending capek sekarang, kebersihan bagian dari iman,” kata JK.

Kegiatan bersih masjid se-DKI Jakarta dimulai dari Masjid Al Munawar di Jalan Raya Pasar Minggu Pancoran, Jakarta Timur. Sebanyak enam petugas dari perusahaan pembasmi hama dikerahkan untuk melakukan disinfektasi ke seluruh bangunan masjid.

Setiap sudut masjid disemprot cairan disinfektan menggunakan “mist blower elektrik” dan ULV fogger oleh petugas menggunakan pakaian pelindung diri lengkap dengan masker dan kaca mata sesuai standar keamanan.

Ruangan yang disemprot seperti ruang utama, tempat shlat, toilet, kamar mandi, tempat wudhu, lantai masjid, dinding, karpet, ruang DKM, lantai dua masjid hingga tiang listrik.

Setelah Masjid Al Munawar, kegiatan disinfektasi masjid dilanjutkan ke seluruh masjid di wilayah Jakarta. Untuk Jakarta Selatan ada 10 masjid yang akan dilakukan penyemprotan hari Jumat ini.

Sebelumnya kegiatan disinfektasi masjid ini juga dilaksanakan oleh DMI di Masjid Nurul Hidayah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang berjarak kurang lebih 300 meter dari rumah JK pada Minggu (9/3).

Diketahui, penyemprotan disinfektan ini dilakukan berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembersihan di fasilitas publik. Seperti stasiun, bandara, hingga tempat-tempat ibadah. (Ara)