Tingkatkan Minat Baca, Formalindo Sumut Lakukan Cara Ini

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Kesadaran akan pentingnya mengenalkan budaya membaca sejak dini serta memberikan akses buku-buku yang baik, berkualitas serta terjangkau kepada masyarakat menjadi semangat Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo) Provinsi Sumatera Utara mengajak masyarakat agar gemar membaca agar dapat menambah ilmu dan mengetahui perkembangan dan kemajuan dunia melalui buku yang dibaca.

Hal itu disampaikan Ketua Formalindo Sumatera Utara Hasban Ritonga disela acara penyerahan bantuan 1 unit motor Pustaka untuk masyarakat dilaksanakan di kantor Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (13/3/2010).

“Mari kita ajak masyarakat gemar membaca agar mendapat ilmu dari pustaka yang telah kita sediakan,” katanya.

Ia menjelaskan, Formalindo Sumatera Utara akan terus berupaya dalam membangun hubungan dengan masyarakat melalui program membaca bekerjasama dengan perpustakaan desa. hal ini bertujuan agar masyarakat dapat pintar dengan banyak membaca.

“Formalindo berharap dengan adanya bantuan motor pustaka nantinya masyarakat Serdang Bedagai pintar dan bertambah ilmunya,” ucap Hasban.

Ditempat terpisah, Kadis Pendidikan Serdang Bedagai mengatakan, Pemkab Serdang Bedagai sangat mendukung program motor Pustaka yang dilakukan Formalindo Sumatera Utara dengan tujuan mendukung masyarakat Serdang Bedagai gemar membaca melalui program giat baca.

“Pemkab Serdang Bedagai sangat mendukung adanya Formalindo melalui masyarakat gemar membaca,” katanya.

Ia menjelaskan, hadirnya pustaka desa agar masyarakat lebih cerdas dengan banyak membaca buku yang dapat menolong masyarakat bisa mengetahui perkembangan dunia dari buku yang mereka baca selain itu mendorong kegiatan leterasi kehidupan dan berbangsa khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Motor pustaka berisi buku bacaan ini kiranya dapat meningkatkan ilmu masyarakat melalui isi buku yang dibaca,” tandas Joni. (ptr)