Tim Medis Corona Tasikmalaya Pakai Jas Hujan, Ini Kata Wapres

JABARNEWS | JAKARTA – Masyarakat sebelumnya sempat dibuat heboh oleh tersebarnya foto petugas medis ruang isolasi penanganan virus corona di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka hanya mengenakan jas hujan plastik saat membawa dua pasien dalam pengawasan (PDP) ke ambulans karena tidak memiliki baju hazmat atau Alat Pelindung Diri (APD).

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan mendorong bagi setiap daerah untuk menyiapkan diri menangani kondisi terburuk terkait persebaran wabah virus corona.

“Ya akan kita dorong untuk terus melakukan persiapan-persiapan, kemudian juga RS termasuk puskesmas, dan persiapan semua petugas medis di daerah,” ujar Ma’ruf dalam pernyataan persnya di Kantor Wakil Presiden Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Tak hanya mendorong kelengkapan APD, Ma’ruf pun memastikan pemerintah telah melengkapi seluruh kebutuhan medis di tiap daerah.

Sudah ada SOP-nya dari kementerian kesehatan, kemudian kelengkapan obat-obatan, juga sudah dikirim karena itu upaya kita sekarang menjaga hidup sehatnya itu, gerakan masyarakat sehat itu yang kemudian juga harus ditonjolkan.

“Ya saya kira penyiapan itu sudah demikian rupa disiapkan, dan sudah ada koordinasi-koordinasi dan, saya kira pemda juga sudah menyiapkan, ruang isolasi di berbagai rumah sakit di daerah, dan puskesmas di sini juga disiapkan, dan akan terus akan ditambah,” katanya.

Sebelumnya, dalam foto yang beredar terlihat tim medis RSUD dr Soekardjo mengenakan jas hujan berwarna biru. Petugas itu juga mengenakan masker dan sarung tangan warna putih.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman membenarkan hal itu. Menurut dia, petugas medis di RSUD dr Soekardjo hanya mengenakan jas hujan karena keterbatasan APD.

Budi meminta maaf atas minimnya peralatan di RSUD dr Soekardjo. Menurut dia, hingga saat ini Pemkot Tasikmalaya sudah meminta bantuan APD kepada Kemenkes. (Red)