Dinkes Jabar: Ikan Cupang Efektif Berantas Nyamuk DBD

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat mengimbau masyarakat untuk waspada serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti di musim hujan. Pasalnya, nyamuk ini menyimpan larva atau telurnya di genangan air.

Oleh karena itu, Kepala Dinkes Jabar, Berli Hamdani mengingatkan masyarakat untuk membersihkan lingkungan dari genangan air. Tak hanya itu, dia juga menyarankan untuk menempatkan ikan jenis cupang di setiap genangan air karena dinilai dapat memakan larva-larva nyamuk.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Pisces, Aries dan Taurus

“Ikan Cupang sendiri efektif terkait DBD. Karena memang nyamuk itu punya hobi dia menyimpan larva atau telurnya pada permukaan air yang tergenang kalau airnya ngalir akan ikut hanyut,” kata Berli usai acara Jabar Punya Informasi (Japri), di Gedung Sate, Bandung, Jumat (13/3/2020).

Baca Juga:  Rumah Berlantai Tanah, Warga Banjar Harapkan Bantuan

Menurutnya, dengan menempatkan ikan ditempat penampungan air itu sangat efektif dibandingkan dengan menggunakan adabe dan menguras air. Dia menyebut, Ikan Nila dan Mas juga bisa digunakan untuk memberantas larva nyamuk.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Coba Kamu Renungkan Bagaimana Nasib Cintamu Kedepan

“Kalau menggunakan abate itu kan harus diulang, kalau dikuras harus seminggu sekali. Tapi kan kalau ikan ya udah ikan disitu bersantap ria. Ikan nila, ikan mas itu rata-rata yang rakus makannya dengan larva,” tutupnya. (Rnu)