Tangkal Covid-19, Polres Purwakarta Gelar Bersih-Bersih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Virus Covid-19 atau lebih dikenal virus corona saat ini meresahkan warga dunia. Berbagai upaya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh personel Polisi, TNI, pemerintah hingga elemen masyarakat Kabupaten Purwakarta kompak turun ke jalan melakukan aksi bersih-bersih tempat umum.

Kegiatan sosial ini dimulai dari Mapolres Purwakarta, kemudian dibagi menjadi 3 kelompok untuk ditugaskan membersihkan beberapa tempat umum yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Menurut Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan melalui Wakapolres Kompol, Ijang Safei, aksi bersih-bersih ini sebagai upaya untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Purwakarta.

Meski demikian, Wakapolres menghimbau masyarakat jangan merasa takut yang berlebihan atau panik dalam menghadapi virus corona.

Namun, masyarakat perlu menghadapi virus corona dengan menjaga tubuh untuk selalu sehat dan mengupayakan agar lingkungan di sekitar agar selalu bersih.

Dijelaskan Ijang, aksi peduli lingkungan yang dilaksanakan oleh berbagai elemen bisa berdampak pada kesehatan masyarakat. Dengan lingkungan bersih dapat mencegah munculnya berbagai penyakit.

“Dengan tidak adanya potensi sumber penyakit tentunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat. Sehingga dapat menangkal atau mencegah virus corona. Tubuh yang sehat, mudah-mudahan tidak tertular,” ujar Ijang, saat ditemui tengah aksi sosial itu, Sabtu (14/3/2020).

Wakapolres meminta warga Purwakarta terus menjaga kebersihan diri untuk mencegah agar tak terjangkit virus corona. Selain itu, warga juga diimbau menjaga kebersihan tempat tinggal, lingkungan hingga ke tempat ibadah.

Ijang mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan bersih-bersih lingkungan. Terutama saat musim hujan saat ini, bukan hanya virus corona yang membuat khawatir namun juga demam berdarah yang disebabkan nyamuk yang berasal dari genangan air yang kotor.

Pihaknya berharap, seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan, karena hal tersebut menjadi salah satu cara guna menangkal penyebaran corona.

Sehat lingkungan dan sehat diri, sebagai cara ampuh dalam menangkal corona. Selain di lingkungan rumah, kantor juga fasilitas umum lainnya harus selalu dalam kondisi bersih.

“Mari bersama-sama, TNI-Polri, instansi pemerintah dan masyarakat membudayakan lingkungan bersih dan sehat juga membiasakan pola hidup bersih sehat (PHBS),” pungkasnya. (Gin)