Polisi Di Purwakarta Ajak Warga Gemar Cuci Tangan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Jawa Barat, melakukan gerakan peduli kesehatan dan kebersihan dengan mengkampanyekan enam langkah mencuci tangan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di sejumlah fasilitas umum dan tempat keramaian.

Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Wakapolres Kompol Ijang Safei mengatakan seluruh keluarga besar Polri harus menggelorakan gerakan kebersihan terkait merebaknya virus corona dan DBD baru-baru ini.

“Kami melakukan sosialisasi 6 langkah mencuci tangan yang benar kepada masyarakat Purwakarta, meski kebanyakan dari kita sudah mencuci tangan namun biasanya belum bersih benar sesuai anjuran WHO,” katanya, Sabtu (14/3/2020).

Ijang mengajak masyarakat Purwakarta untuk menerapkan pola hidup sehat dan higienis yang dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan atau setelah melaksanakan aktivitas di luar rumah.

Ijang berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga imunitas, makan makanan bergizi dan olahraga.

Menurutnya hal tersebut cukup untuk mengurangi risiko terjangkit berbagai virus dan berbagai penyakit lain.

“Hal yang lebih penting dilakukan masyarakat adalah tetap menjaga kebugaran badan dengan berolahraga sehingga badan sehat dan tidak mudah sakit,” imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Ijang, pihaknya juga mengimbau warga untuk tidak panik dalam menyikapi fenomena ini dengan berbelanja secara berlebihan yang melebihi kebutuhan seharusnya.

“Ini juga dilakukan untuk menciptakan situasi yang tetap kondusif dan mengimbau warga jangan termakan berita-berita hoaks yang bisa membuat kepanikan,” harapnya. (Gin)