RSDGJ Cirebon Rawat 1 Pasien Positif Corona

JABARNEWS | CIREBON – Dari 14 orang berstatus dalam pengawasan (ODP) virus Corona, sebanyak 5 orang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota Cirebon, dan 1 orang dinyatakan positif terjangkit virus Corona (Covid-19).

Lima orang tersebut adalah pasien nomor 10 (positif), 11, 12, 13, dan 14 semuanya diketahui menderita gejala mirip virus Corona setelah pulang dari luar negeri.

Direktur Utama RSDGJ Kota Cirebon dr. Ismail membenarkan, bahwa satu orang dinyatakan positif Corona yang kini tengah dirawat di ruang isolasi.

“Memang ada satu pasien kita yang nomor 10 positif Corona, namun sampai sekarang kondisinya masih stabil,” katanya, dilansir dari laman Ciremaitoday.com, Sabtu (14/3/2020).

Dia melanjutkan, penetapan status positif terhadap pasien dinyatakan beberapa hari lalu setelah mengirimkan sampel cairan dari tenggorokan ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di Jakarta. Setelah itu, beberapa hari ke depan kondisinya menunjukkan kemajuan.

“Positif itu beberapa hari lalu, sekarang sudah ada perkembangan yang baik. Sampel kondisi terakhir ini juga kami kirimkan ke Litbangkes, tinggal menunggu pemeriksaan hasil swap dari Litbangkes,” imbuhnya.

Di samping itu, pihaknya tengah merawat empat pasien lainnya yakni pasien nomor 11, 12, 13, dan 14 yang berasal dari Wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan.

“Empat orang masih dirawat di ruang isolasi, kondisinya masih stabil. Tidak batuk, tidak panas, dan tidak sesak napas,” terangnya.

Lima pasien itu tengah mendapat perawatan sejak lima hari terakhir, pihaknya memastikan penanganan medis sudah sesuai prosedur yang ditetapkan oleh otoritas Kesehatan.

“Semuanya kami rawat sesuai dengan protap buku panduan dari Departemen Kesehatan,” pungkasnya. (Red)