Dinkes Sergai Pantau Dua Warga Usai Pulang dari Luar Negeri

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Dinas Kesehatan Serdang Bedagai sempat melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap 2 warga Serdang Bedagai yang baru pulang dari Thailand dan China dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (covid-19).

Kedua warga Serdang Bedagai sempat dirumahkan selama 14 hari diantaranya seorang anak buah kapal (ABK) dari Thailand berinisial S warga Desa Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai dan seorang mahasiswi semester 1 di China berinisial A warga Desa Melati, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara.

Kadis Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai dr Bulan Simanungkalit pada jabarnews.com, Senin (16/3/2020) mengatakan, kedua warga Serdang Bedagai mendapat perawatan dan pemantauan selama 14 hari di rumah setelah pulang dari negara yang rawan virus Corona.

“Pada bulan Februari 2020 kemarin ada 2 warga Serdang Bedagai berinisial S dan A sempat dilakukan pemantauan dan pemeriksaan terkait virus Corona,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah dilakukan pemantauan suhu badan dan pemeriksaan kesehatan selama 14 hari, keduanya dinyatakan negatif mengidap virus Corona.

“Setelah dirumahkan selama 14 hari sesuai prosedur akhirnya 2 warga tersebut dinyatakan negatif,” ucap dr Bulan.

Dikatakannya, Kabupaten Serdang Bedagai belum memiliki rumah sakit yang mampu menampung pasien mengidap virus Corona. Sehingga apabila ada warga Serdang Bedagai terindikasi positif mengidap virus Corona maka akan dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

“Rumah sakit di Serdang Bedagai belum ada sehingga apabila ada yang positif mengidap covid-19 akan kita rujuk ke RS Adam Malik,” bilangnya. (Ptr)