Siaga Virus Corona, Disdukcapil Ciamis Tetap Layani Warga

JABARNEWS | CIAMIS – Meski sejumlah kantor pemerintah diimbau untuk tutup atau menghentikan aktifitas sementara karena darurat siaga Virus Corona (Covid-19), pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis tetap berjalan.

Terhitung hari ini pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari keramaian, namun masyarakat yang mengurus surat kependudukan ke kantor Disdukcapik malah membludak.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Ciamis, Agus Ali Akbar mengatakan bahwa pelayanan di Kantor Disdukcapil tetap berjalan, walau saat ini pemerintah telah menetapkan status siaga darurat virus corona.

“Ia mengatakan bahwa dalam menyikapi wabah virus corona, Disdukcapil Kabupaten Ciamis telah menyiapkan sejumlah masker dan hand sanitizer bagi para pengunjung,” ujarnya kepada Jabarnews.com, Senin (16/3/2020).

Selain itu, kata Agus, pihaknya telah membentuk tim khusus yang siap siaga dalam memberikan pertolongan bagi orang yang tiba-tiba mengalami sakit atau pingsan, jadi Tim tersebut sudah di intruksikan untuk membawa orang tersebut untuk dibawa ke Puskesmas terdekat.

“Disdukcapil tetap harus melayani masyarakat, hingga saat ini sudah terhitung 400 orang yang datang ke Kantor Disdukcapil,” ungkapnya.

Agus mengaku bahwa saat ini Disdukcapil dipastikan tersedia blangko, karena Pemerintah Pusat sendiri telah memberikan blangko setiap bulannya, namun jumlahnya diatur dari kebijakan pusat.

“Jika masyarakat waktunya cukup terbatas atau jarak tempuh lumayan jauh, masyarakat dapat memanfaatkan akses pelayanan kependudukan di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke Disdukcapil,” ucapnya. (Tny)