Alhamdulillah, Kondisi Menhub Budi Karya Membaik

JABARNEWS | BANDUNG – Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Sebelumnya, menteri yang akrab disapa BKS ini tengah disibukkan dengan kunjungan kerja ke lapangan atau blusukan terkait pencegahan penyebaran corona.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan, Minggu (15/3/2020), Budi Karya dalam beberapa hari terakhir melakukan kunjungan kerja terkait penanganan wabah virus corona di Indonesia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes sekaligus juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang merupakan pasien kasus ke-76 penyakit saluran pernafasan karena COVID-19 dinyatakan stabil.

“Kalau dari yang laporan rumah sakit ke saya kondisinya stabil, makin membaik, kata dokter yang merawat,” ujarnya di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Budi Karya diumumkan sebagai kasus ke-76 COVID-19 di Indonesia pada Ahad (14/3). Ia tampak terakhir terlihat di lingkungan istana kepresidenan saat menghadiri rapat terbatas pada 11 Maret 2020.

Akibatnya, Presiden Jokowi dan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pun harus menjalani tes COVID-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto secara bertahap mulai Senin (16/3).

“Para menteri Sudah diperiksa dan kemudian hasilnya sudah dikasikan ke yang bersangkutan karena kan ini general check up, bukan pasien. Jadi hasilnya diberikan ke mereka semua dan sebagian besar bekerja sekarang, cuma bekerjanya pakai video conference,” kata Yurianto.

Sedangkan terkait orang-orang lain yang juga sempat berinteraksi dengan Budi Karya, Yurianto mengatakan untuk melakukan isolasi mandiri (self-isolated) dan pemantauan mandiri (self-monitoring).

“Self-isolated ditambah self-monitoring, jadi kamu perhatikan betul panas atau tidak, ada keluhan tidak, dicatat saja kalau ada keluhan, nanti telepon ke puskemas atau rumah sakit, kalau tidak ada gejala apa-apa, ya wis (sudah), yang penting self-isolated yang benar, cukup istirahat, cukup makan minum,” kata Yurianto.

Hingga Senin (16/3), Indonesia memiliki 134 kasus positif COVID-19 dan lima orang meninggal dunia dan delapan sembuh. Mereka tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak.

Hingga Selasa (17/3) pagi terkonfirmasi di dunia 182.881 orang yang terinfeksi virus Corona dengan 7.174 kematian, 79.886 dinyatakan sembuh. Kasus di China mencapai 80.881 kasus, di Italia 27.980 kasus, di Iran 14.991 kasus, di Spanyol 9.942 kasus.

Karena terjangkit Corona, posisi Budi Karya sebagai Menhub kini dijabat Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Luhut menjadi Menhub ad interim. (Ara)