Sempat Bersua Sama Menhub, Emil Cek Kesehatan Antisipasi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil telah menjalani cek kesehatan sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

Hal ini dilakukan karena Gubernur yang akrab disapa Kang Emil pernah berdekatan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 1 Maret 2020. Saat itu keduanya mengawal transit 69 anak buah kapal Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat.

Menhub sendiri telah dinyatakan positif COVID-19 dan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah sakit.

Menurut Kang Emil, saat di Bandara Kertajati dirinya bersama Menhub menggelar konferensi pers usai proses transit ABK selesai.

“Termasuk saya juga memeriksakan diri karena ada kabar Pak Menteri Perhubungan kena (positif Covid-19). Kami pernah ada satu titik saat preskon kita bersama di Bandara Kertajati, untuk menjaga transparansi publik tentulah saya coba lakukan hal ini, nanti hasilnya dalam waktu dekat mungkin bisa disampaikan,” tutur Kang Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (16/03/2020)

Namun, Kang Emil menjelaskan dirinya bersama Menhub saat itu jauh dari para ABK Diamond Princess, dan para awak pun telah dinyatakan negatif COVID-19. Selain itu, pada saat di Kertajati, Kang Emil bertemu Menteri Perhubungan hanya saat konferensi pers.

“Saya sangat prihatin dengan situasi yang dialami Menteri Perhubungan. Kalau mau dihubungkan dengan Diamond Princess kita pakai logika saja. Ada nggak awak Diamond Princess yang positif? Tidak ada, semua negatif. Jadi, semua argumentasi itu gugur. Kalau menghubungkan ini pendapat saya pribadi, positifnya Menhub dengan Diamond Princess,” jelasnya. (Ara)