Covid-19, Jumlah ODP serta PDP Di Purwakarta Bertambah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta mengumumkan ada penambahan warga yang masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Menurut Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wiebisono, terdapat kenaikan jumlah ODP dan PDP Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Hingga Jumat (20/3/2020), pukul 11.00 WIB, Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat, terdapat 53 ODP, 6 PDP dan 1 Positif Covid-19 di wilayah tersebut. Untuk yang meninggal dunia, nihil.

“Ada penambahan 8 ODP dan 3 PDP orang. Jadi ODP ada 53 dan PDP 6 orang dengan perincian 1 dirawat di RS Abdul Razak Purwakarta, 4 orang dirawat di Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA), 1 dirawat di RS Ramahadi dan yang positif tetap 1,” kata Wibie sapaan karib Wahyu Wiebisono kepada awak media, Jumat (20/3/2020).

Diungkapkan Wibie, para ODP dan PDP serta yang Positif Covid-19 itu berasal dari 7 kecamatan, diantaranya, Kecamatan Purwakarta, Pasawahan, Babakan Cikao, Jatiluhur, Bojong, Maniis dan Sukatani.

“Kami memastikan tidak terdapat TKA atau WNA di Kabupaten Purwakarta yang ODP, PDP dan Postif Covid-19. Jumlah diatas semuanya WNI,” kata Wibie yang dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan.

Oleh karena itu, kata Wibie sejumlah upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 telah dilakukan oleh Pemkab Purwakarta dan jajarannya, diantaranya RSBA menyediakan 50 persen ruangan rawat untuk antisipasi kasus Covid-19 dan menyediakan ruangan OK untuk persiapan ruangan isolasi.

“Pemda berupaya terus melakukan sosialisasi Covid-19 baik melalui media sosial maupun media lainnya. Kita juga lakukan desinfeksi di semua fasilitas umum serta menyiapkan anggaran melalui pergeseran angaran melalui BKAD,” ujarnya.

Hal lainnya, lanjut Wiebi, Pemda juga menyiapkan media centre sebagai pintu informasi pemantauan percepatan penanganan Covid-19 dan mengirimkan tenaga laboratorium sebanyak 3 orang sebagai antisipasi pemeriksaan lab dilakukan di Purwakarta dan melaksanakan desinfeksi gedung pelayanan publik.

“Covid-19 dari hari ke hari ada peningkatan. Kami senantiasa kasih informasi. Mari menjaga mulai dari kita dan lingkungan terkecil juga keluarga,” Pungkasnya. (Gin)