Shalat Jumat di Masjid Agung Ciamis, Jamaah Diperiksa Suhu Tubuh

JABARNEWS | CIAMIS – Cegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, DKM Masjid Agung Ciamis lakukan pengecekan suhu tubuh terhadap seluruh jemaah yang akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Ciamis, Jumat (20/3/2020).

Tidak hanya itu, ribuan jemaah shalat Jumat di Masjid Agung Ciamis juga diberikan hand sanitizer buatan D3 Farmasi STIKes Muhammadiyah Ciamis yang bekerjasama dengan Lazismu Ciamis dan Nusa Charity Ciamis.

Direktur Lazismu Kabupaten Ciamis, dr. Ridwan mengaku bahwa hand sanitizer tersebut telah dipersiapkan untuk para jemaah shalat Jumat.

“Sebelumnya, kami telah memberikan ribuan hand sanitizer di ke lingkungan Pondok Pesantren maupun tempat umum lainnya,” katanya kepada Jabarnews.com, Jumat (20/3/2020).

Jadi kata dr. Ridwan aksi pembagian hand sanitizer terhadap para jemaah tersebut merupakan bentuk kemanusian Lazismu dalam mencegah penyebaran Virus Corona.

Sementara Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, H. Wawan Ariefin mengatakan bahwa selain melakukan antisipasi penyebaran Virus Corona sebelum melakukan shalat Jumat, pihaknya juga telah menyemprot desinfektan di seluruh lingkungan Mesjid Agung Ciamis,” katanya.

“Selain itu, pihak DKM Masjid juga telah menyiapkan sabun cuci tangan di setiap tempat wudhu, serta menyiapkan 1 unit Mobil Ambulance, untuk berjaga-jaga jika terjadi situasi yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Namun begitu, pihaknya mengaku telah memastikan lingkungan Mesjid Agung Ciamis terjaga kebersihannya, ia juga telah mengimbau kepada para jemaah untuk menjaga kebersihan, jangan sampai buang sampah sembarangan apalagi membuat kotor lingkungan Masjid. (Tny)