Presiden Jokowi Pesan Jutaan Obat Ini Untuk Tangani Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Sehari setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan agar klorokuin (chloroquine) menjadi obat COVID-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginformasikan sudah ada resep obat hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang bisa diterapkan untuk mengobati pasien corona atau covid-19 yakni Avigan dan Klorokuin.

“Pemerintah juga telah menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara untuk bisa mengobati COVID-19 ini sesuai resep dokter,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah akan memesan obat yang sudah digunakan di 3 negara dan berhasil menyembuhkan COVID-19 dan nantinya obat tersebut akan disampaikan langsung ke pasien.

“Obat tersebut akan sampai ke pasien melalui dokter keliling dari rumah ke rumah melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan terinfeksi,” tambah Presiden.

Presiden juga meminta BUMN farmasi yang memproduksi obat tersebut untuk memperbanyak produksinya.

“Obat ini sudah dicoba oleh 1, 2, 3 negara dan memberikan kesembuhan yaitu avigan kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta,” ungkap Presiden.

Obat kedua adalah klorokuin fosfat yang sudah digunakan oleh 10 rumah sakit di China untuk pasien COVID-19.

“Kedua, klorokuin, ini kita telah siap 3 juta. Kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari informasi-informasi apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan COVID-19,” tambah Presiden.

Avigan adalah obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical. Fujifilm Toyama mengembangkan obat ini pada 2014. Avigan sudah diberikan pada pasien corona di Jepang sejak Februari.

Uji klinis juga sudah dilakukan pada 200 pasien di rumah sakit Wuhan dan Shenzhen. Hasilnya, mereka negatif dalam waktu singkat dan gejala pneumonia sangat berkurang.

Sedangkan klorokuin fosfat yang selama ini dikenal sebagai obat malaria. Klorokuin fosfat merupakan obat sintetis yang memiliki kandungan yang ada dalam kina dan ampuh dalam menanggulangi infeksi parasit yang menyebabkan malaria di aliran darah. (Ara)