Polisi di Purwakarta Ini Beri Tutorial Buat Hand Sanitizer Sendiri

JABARNEWS | PURWAKARTA – Setelah World Health Organization (WHO) nyatakan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai pandemi. Dampaknya terjadi panic buying di masyarakat untuk barang-barang antiseptik seperti hand sanitizer dan juga sabun antiseptik yang mengakibatkan langkanya barang-barang tersebut di pasaran.

Ternyata, hand sanitizer pun bisa dibuat sendiri dan kualitasnya pun tak kalah dengan produk serupa yang dijual di pasaran.

Nah, untuk mengantisipasi susahnya mencari hand sanitizer, Polisi di Purwakarta berpangkat Ajun Inspektur Polisi tingkat Dua (Aipda) menyarankan masyarakat untuk membuatnya secara mandiri.

Dijelaskan Aipda Wahyu Suseno, adapun bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer ini, seperti alkohol, Hidrogen Peroksida (H2O2), Gliserol dan Air Demineral.

Wahyu merinci untuk membuat hand sanitizer masyarakat bisa membeli alkohol 70 persen yang dijual di apotek maupun toko modern. Selanjutnya alkohol itu dicampurkan dengan bahan Gliserol, H2O2 dan Air Demineral.

“Disini kita pakai alkohol 96 persen, H2O2 (Hidrogen Peroksida) 3 persen, Gliserol 98 persen, dan Air Demineral,” kata polisi yang bertugas di Polsek Sukasari itu, pada Jumat (20/3/2020).

Ditambahkan Wahyu, untuk efektifitas minimal kandungan alkohol dalam hand sanitizer minimal 60 persen. Jika di bawah 60 persen, daya bunuh terhadap virusnya akan menurun drastis.

“Sedangkan untuk Gliserol adalah jenis senyawa alami yang dibuat dari tumbuhan, hewan, atau petroleum, yang berfungsi untuk kelabakan kulit. Untuk H2O2 digunakan sebagai antiseptik, sedangkan Air Demineral untuk menetralisir untu kesehatan kulit dan nutrisi pada kulit,” jelas Pria yang akrab disapa Bang Jack itu.

Jika Gliserol sulit ditemukan, Bang Jack menyarankan, itu biasa diganti dengan aloe vera/lidah buaya ataupun baby oil.

“Campurkan alkohol 96 persen sebanyak 752 mililiter, H2O2 3 persen sebanyak 42 mililiter, Gliserol 98 persen sebanyak 15 mililiter dan Demineral sebanyak 191 mililiter. Lalu isi wadah dengan bahan tersebut secara berurutan dan cairan antiseptic telah siap digunakanan,” ungkapnya.

Meski demikian, dia mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya bisa dilakukan dengan mencuci tangan pakai sabun.

“Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat diikuti masyarakat Purwakarta dan sekitarnya, untuk menjaga kesehatan dari diri sendiri dan lingkungan rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Gin)