Plt Bupati Cianjur Minta Pejabat PDAM Diisolasi

JABARNEWS | CIANJUR – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menginstruksikan tim medis Dinas Kesehatan untuk mengisolasi pejabat PDAM Tirta Mukti Cianjur yang baru pulang liburan dari Eropa.

Ditegaskan Herman, mereka tidak boleh pulang ke Cianjur setelah benar-benar dinyatakan bersih dan sehat secara medis dari paparan Covid-19.

Pihaknya tak ingin para pejabat di lingkungan BUMD Pemkab Cianjur itu pulang membawa “oleh-oleh” yang bisa membahayakan keselamatan dan kesehatan warga Cianjur.

“Harus disterilkan dulu, harus diperiksa dan dipastikan secara medis jika mereka benar-benar bersih dan sehat. Kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat Cianjur kan harus diperhatikan juga. Kalau sudah clear silakan pulang,” ujar Herman.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal menyebutkan, kedelapan orang rombongan pejabat PDAM Cianjur sudah diisolasi di suatu tempat di kawasan Bogor.

Sebelumnya, mereka diperbolehkan keluar bandara oleh petugas kesehatan setelah dinyatakan sehat atau tidak terdeteksi ada gejala penyakit.

“Namun, sesuai mekanisme harus menjalani observasi dan dikarantina selama 14 hari ke depan. Apalagi mereka baru pulang dari luar negeri,” kata Yusman, Jumat (20/3/2020).

Yusman menegaskan, selama menjalani karantina mandiri, mereka akan dipantau tim medis, termasuk diambil sampel darahnya.

“Kalau selama masa isolasi hasilnya negatif, mereka baru diperbolehkan pulang,” ucapnya. (Adv)