Ada 29 Warga Sergai Masuk ODP, Ini Penjelasan DInkes

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Sebanyak 29 warga Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara masuk daftar kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP). Sedangkan untuk warga positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai masih nihil.

Informasi resmi tersebut, disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai dr Helmi Nur Sinaga pada jabarnews.com Sabtu (21/3/2020).

Ia menjelaskan, dari 29 ODP Covid-19, 3 diantaranya mendapatkan perawatan di RSUD Sultan Sulaiman. Sedangkan 26 ODP mendapat perawatan di rumah dengan pengawasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai.

“3 orang mendapat perawatan di RSUD Sultan Sulaiman dan 26 lainnya isolasi rumah namun dengan pengawasan Dinas Kesehatan,” katanya.

Menurut dr Helmi, warga masuk ODP sebagian besar baru pulang dari luar negeri seperti dari Malaysia dan Umroh. Untuk melakukan pencegahan dilakukan pemeriksaan secara terus menerus.

“ODP disarankan melakukan isolasi mandiri, mengurangi kontak dengan orang lain dan lebih banyak di rumah. Atau jangan keluar rumah selama 14 hari,” bilang dr Helmi.

Ditempat terpisah, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr Nanda Hasrimy pada jabarnews.com mengatakan, ada 4 warga masuk ODP di RSUD Sultan Sulaiman. Namun seorang sudah dikembalikan kerumah namun tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Ada 4 orang namun 1 sudah kembali kerumah dan 3 masih mendapatkan perawatan secara maksimal,” katanya Sabtu sore.

Ia menjelaskan, sedangkan terkait PDP adalah orang yang sudah ada sesak, dan biasanya dirawat di rumah sakit. Selama dalam perawatan, PDP mendapatkan perlakuan khusus.

“Rata-rata suhu badan mereka 36 derajat dan mereka masih tergolong ODP tidak masuk PDP,” jelas dr Helmi. (ptr)