Dishub Cianjur Semprot Cairan Disinfetan ke Angkutan Umum

JABARNEWS | CIANJUR – Ratusan armada bus, minibus dan elf yang keluar-masuk kawasan terminal di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, disemprot cairan disinfektan, Rabu (18/3/2020).

Beberapa petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur menyisir satu persatu angkutan umum yang ada di terminal untuk disemprot cairan kimia tersebut.

Selain pada kendaraan, penyemprotan juga dilakukan di kursi-kursi tunggu penumpang serta beberapa fasiltas umum dalam terminal.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Cianjur Hendra Wira Wiharja mengatakan, penyemprotan sebagai langkah antisipasi mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang dikhawatirkan dibawa penumpang yang baru datang dari luar kota.

“Hari ini kita lakukan sterilisasi angkutan melalui penyemprotan disinfektan di dua terminal, Rawabango dan Pasirhayam,” kata Hendra kepada Kompas.com di sela giat, Rabu (18/3/2020).

“Giat ini menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Disebutkan, kegiatan yang sudah dilakukan sejak kemarin itu akan dilakukan hingga 14 hari ke depan.

“Besok, penyemprotan akan dilakukan lagi di kawasan terminal Cipanas,” kata Hendra.

Pihaknya menilai, kendaraan seperti bus antar kota harus disterilisasi mengingat mobilitas yang tinggi antar wilayah dalam upaya pencegahan virus corona saat ini.

“Hilir mudik orang-orang yang baru datang dari luar kota. Karena itu, badan kendaraan tadi kita semprot cairan kimia agar steril,” ujar dia.

Selain melakukan penyemprotan, petugas juga menempeli stiker soal cara meminimalisir penularan Covid-19 di kaca-kaca bus dan elf. (Adv)