Mensos Luncurkan Program Sembako Di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara meluncurkan program sembako di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Langkah ini dalam upaya pemerintah menekan angka kemiskinan di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Barat. Dalam launching ini hadir Plt Bupati Cianjur Herman Suherman dan Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama.

“Tugas pemerintah mendorong rakyat tidak ada yang miskin melalui program bantuan salah satunya sembako,” ujar Mensos Juliari P Batubara, Selasa (10/3/2020).

Harapannya ke depan yang menerima program bantuan makin sedikit. Sebab warga sudah sejahtera dan nanti tidak perlu bantuan program sembako.

Juliari menerangkan, berbagai stimulus diberikan pemerintah untuk menekan angka kemiskinan tersebut termasuk memberikan bantuan Program Sembako sebesar Rp 1.287.983.150.000 untuk 2.550.001 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Provinsi Jawa Barat.

Hal ini sebagai bentuk pemerintah bertekad agar jumlah penduduk miskin di Indonesia terus berkurang.

Bantuan ini kata Juliari, merupakan salah satu stimulus untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan di Jawa Barat. Data Badan Pusat Statistik mencatat persentase penduduk miskin kembali menurun keangka 9,22 persen di bulan September 2019 dari sebelumnya 9,41 persen di bulan Maret 2019.

Jika dilihat dari jumlah maka sudah sekitar 360 ribu orang keluar dari jerat kemiskinan dari Maret 2019 ke September 2019. Kondisi itu menunjukkan bahwa upaya penanganan kemiskinan yang selama ini dilakukan oleh pemerintah yang salah satunya adalah Program Sembako dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Mari bersama-sama bekerja guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera,” ungkap Juliari.

Ia menambahkan program sembako ini merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia yang lebih bergizi seimbang. (Adv)