IDI Sebut Purwakarta Bukan Daerah Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19

JABARNEWS | PURWAKARTA – Wilayah Kabupaten Purwakarta bukan merupakan daerah transmisi lokal penyebaran Covid-19. Hal tersebut diungkapkan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Purwakarta, Susilo Atmodjo, saat ditemui di komplek Pemkab Purwakarta, pada Minggu (22/3/2020).

“Terpenting untuk mengetahui bagaimana posisi status daerah Kabupaten Purwakarta. Alhamdulillah sejauh ini Kementerian Kesehatan tidak memasukaan daerah ini sebagai daerah penularan antar warga. Atau bisa disebut, Purwakarta bukan daerah transmisi lokal penularan Covid-19,” ungkap Susilo.

Dijelaskannya, hal ini penting diketahui, karena status tersebut. Bagi warga yang punya keluhan flu, demam, batuk dan tidak pernah kontak dengan orang yang dicurigai Covid-19 serta tidak bepergian ke daerah Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bekasi maka statusnya batuk pilek biasa, bukan Covid-19.

“Tapi jika dalam tempo 14 hari ada riwayat ini atau bepergian ke wilayah tersebut di atas, maka statusnya ODP. Dan ini harus melakukan karantina mandiri. Dan kalau belum membaik maka bisa periksa ke Puskesmas atau klinik terdekat. Jika bapak dan ibu ada riwayat bepergian daerah tadi atau kontak juga sesak nafas maka segera ke rumah sakit untuk diperiksa,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjutan Susilo, IDI mengajak semua pihak dan secara bersama-sama berusaha agar status Kabupaten Purwakarta bebas penularan.

“Saya berharap Allah memberi kesehatan semua dan mencabut musibah ini. Kini hampir seluruh rumah sakit di Purwakarta telah menyiapkan Tim Covid-19, segera periksakan jika ada warga yang mengalami gejala sesak napas dan keluhan lain,” pungkasnya. (Gin)