bjb

BMKG: Gempa Sukabumi Dipicu Aktivitas Sesar Cimandiri

Ilustrasi. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan Gempa bumi dengan magnitudo 3,5 yang mengguncang daerah Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada pukul 10.48 WIB pada Minggu (22/3/2020), erupakan gempa kerak dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 3,5 dengan episenter terletak pada koordinat 7,07 LS (lintang selatan) dan 106,56 BT (bujur timur) tepatnya di darat pada jarak 44 kilometer (km) barat daya kota Sukabumi, pada kedalaman 2 km," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam rilis yang diterima di Jakarta pada Minggu, (22/03/2020).

Baca Juga:

Bupati Sarmi Pastikan Tak Ada Korban Jiwa Karena Gempa 6.2 SR

Suhu 'Gado-Gado' Menyelimuti Wilayah Majalengka



Menurut laporan masyarakat, guncangan akibat gempa itu dirasakan di beberapa wilayah antara lain Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara dan Kecamatan Simpenan dalam skala intensitas II MMI. Artinya goncangan dirasakan oleh beberapa orang dan benda yang digantung bergoyang.

Melihat dari lokasi episenter dan kedalaman gempa, kata Daryono, dapat dipastikan jenisnya merupakan gempa kerak dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Cimandiri.
Halaman selanjutnya
Tags : Gempa Bumi BMKg Gempa Sukabumi Pelabuhan Ratu Jabarnews Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Gempa Bermagnitudo 5,9 SR Guncang Pangandaran

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi