Ridwan Kamil Siapkan Skema Rapid Test Bagi Warga Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah menyiapkan skema dan skenario pelaksanaan tes cepat (rapid test), meski hingga saat ini pihaknya masih menunggu alat rapid test dari pemerintah pusat.

Pengecekan virus corona yang dilakukan dengan mengambil sampel darah ini akan dilakukan dalam skala massal dan cepat, hasilnya bisa terlihat dalam 10-15 menit, dengan test kit yang dikirimkan oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya, masyarakat Indonesia dibuat ketar-ketir karena pemerintah belum juga mengambil langkah lockdown maupun rapid test.

Baca Juga:  Prajurit TNI Bersama Warga Bangun TPT

Seperti diketahui, dua metode tersebut terbilang cukup sukses dilakukan oleh negara lain seperti China dan Korea Selatan dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Ada beberapa opsi yang akan dipertimbangkan oleh Ridwan Kamil untuk rencana tes massal COVID-19, yakni door to door dan skema drive-thru seperti yang dilakukan Korea Selatan.

“Drive-thru satu persatu tanpa kerumunan masyarakat umum di lapangan parkir yang sangat luas seperti parkiran stadion, bandara, dan lain-lain,” tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Larang Perayaan Tahun Baru di Jawa Barat

Sistem drive-thru tes massal virus corona ini akan dilakukan dengan cara:

1. Datang sesuai waktu yang ditetapkan. Antri satu persatu. Ada jarak fisik dan waktu.

2. Tidak ada persentuhan fisik sama sekali, cukup di dalam kendaraan.

3. Dalam 10 menit, jika hasil negatif, maka langsung pulang. Jika indikasi positif maka akan dilakukan prosedur tambahan.

Baca Juga:  Lepas Jabar Explore, Ridwan Kamil: Mereka Tetap Menerapkan 3M

“Tes masal ini tidak untuk semua orang. Hanya untuk mereka yang ditandai punya risiko dan potensi tertular atau menularkan tinggi. Prosedur layak dites atau tidak perlu, akan dikabari selanjutnya,”

Terakhir, ia juga menyebut skema yang sama juga dilakukan di Korea Selatan. Di sana, tidak semua penduduk dites massal. Hanya dilakukan di wilayah zona merah dan individu berisiko. (Red)