Keren! Purwakarta Gelar Musrembang Melalui Video Conference

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada Senin (23/3/2020) bertempat Gedung Yudhistira Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta menggelar acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang).

Dalam melaksanakan Musrembang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 kali ini digelar secara online melalui sistem Video Conference (Vicon).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dalam sambutannya sangat mengapresiasi musrembang yang digelar serentak ini, apalagi diselenggarakan melalui video conference.

“Kegiatan ini dilaksanakan menyikapi jadwal perencanaan pembangunan 2021 dan situasi di lapangan terkait Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” paparnya.

Baca Juga:  Lokasi Layanan Perpanjangan SIM Keliling untuk Wilayah Bandung Hari Ini

Meski begitu Anne menambahkan pelaksanakan kegiatan ini tidak serta merta mengesampingkan SOP pencegahan covid-19. Semua peserta yang hadir terutama yang diruangan ini dibatasi tidak lebih dari 50 orang. Yang lainnya mengikuti secara virtual melalui vicon yang sudah disediakan.

Merujuk pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 260 ayat 1, tentang permerintahan daerah, bahwa sesuai dengan kewenangannya menyusun rancangan pembangunannya sesuai dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Selanjutnya dalam ayat 2 ditegaskan bajwa pembangunan daerah bagaimana dimaksud pada ayat 1 di sinergikan oleh perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan daerah.

Baca Juga:  Inilah Alasan Cak Imin gelar Muktamar PKB di Bali

“Berdasarkan ketentuan tersebut, maka dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021, pemkab berkewajiban untuk menyelaraskan prioritas pembangunan daerah. Pemda berkewajiban menyelaraskan pembangunan daerah tahun 2020 dengan prioritas sasaran pembangunan dalam rpjmd provinsi, dan rpjmn tahun 2020-2024,” jelas Anne.

Meski begitu, Bupati Anne mengatakan, Index Pembangunan Manusia (IPM) di Purwakarta meningkat 0, 13 poin dari yang ditagret kan 70, 40 poin pada 2019 lalu.

Baca Juga:  Jagung Bakar Menjadi Teman Malam Perayaan Tahun Baru

“Tahun 2020 IPM ditargetkan sebesar 71, 54 poin, untuk mencapai target tersebut maka pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian menjadi bagian terpenting,” ujarnya.

Video conference ini selain dapat digunakan dari jarak jauh, juga bisa diatur secara tertib oleh host atau penyelenggara rapat seperti memberi giliran berbicara bagi peserta rapat.

“Untuk memanfaatkan teknologi ini, masing-masing peserta rapat harus memiliki sarana prasarana seperti, komputer, smartphone, microphone, kamera dan akses internet serta aplikasi Vicon itu sendiri,” tandasnya. (Red)