Di Tengah Pandemi Corona, Pasar di Purwakarta Tetap Buka

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, memastikan seluruh pasar tradisional yang dikelola pemerintah tetap buka meski dalam situasi pendemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Kepala DKUPP Kabupaten Purwakarta, Hj. Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan Wita Gusrianita mengatakan ditengah mewabahnya Covid-19 atau virus corona, tidak mempengaruhi aktivitas perdagangan di pasar rakyat maupun toko swalayan di Kabupaten Purwakarta.

Hingga saat ini, lanjut dia, belum ada rencana penutupan pasar.

“Kami belum ada rencana penutupan pasar, sampai hari ini pasar masih tetap buka. Tadi kami sudah mengecek ke beberapa pasar tradisional yang dikelola pemerintah dan Pasar Induk Cikopo serta toko swalayan masih melakukan transaksi dan dipastikan distribusi pasokan pangan dipastikan masih aman,” ungkap Wita saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (24/3/2020).

Dirinya menambahkan, operasional semua pasar di Purwakarta normal, dan meminta masyarakat jangan panic buying bahan pokok yang berlebihan.

“Agar pengunjung pasar merasa nyaman disetiap pasar tradisional dilakukan penyemprotan desinfektan termasuk yang berbahan alami, di buat dari campuran takokak, sereh dan daun sirih, secara rutin,” ucapanya.

Selain itu, tambah Wita, pihak pengelola pasar tradisional maupun pasar modern telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi penyebaran covid-19. Salah satunya menyediakan sabun cuci tangan dan cairan antiseptik.

“Alhamdulillah di seluruh pasar yang kami kelola sudah menyediakan sarana cuci tangan bagi setiap pengunjung yang masuk ke dalam pasar, terutama petugas pasar pun dilengkapi dengan memakai masker dan sarung tangan.” jelasnya

Terlebih, lanjut Wita, saat ini akan menghadapi bulan puasa di tengah mewabahnya virus corona yang telah menjadi pandemik, dipastikan stok dan pendistribusian pangan tetap terjaga. (Gin)