Begini Kata Kadis Pendidikan Ciamis Soal Peniadaan UN Imbas Corona

JABARNEWS | CIAMIS – Dampak darurat penyebaran Covid-19 di Indonesia, Presiden RI, Jokowi telah memutuskan untuk meniadakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Tahun 2020 bagi seluruh peserta didik di Indonesia, langkah keputusan itu diambil sebagai respon pemerintah dalam menghadapi Virus Corona di Tanah Air.

Menanggapi kebijakan pemerintah dalam meniadakan pelaksanaan UN, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Tatang mengaku sejauh ini belum mendapatkan pengumuman atau surat edaran secara resmi dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) terkait tidak adanya pelaksanaan UN di tahun 2020,” katanya.

“Jadi saat ini kami masih memegang surat edaran penundaan pelaksanaan UNBK bagi tingkat SD maupun SMP untuk sementara waktu,” ujarnya, Rabu (25/3/2020).

Namun begitu kata Tatang, Disdik Ciamis siap menindaklanjuti intruksi dari pemerintah pusat, jika memang UN ditiadakan karena mempertimbangkan wabah Virus Corona di Indonesia. Selanjutnya kami menunggu arahan dari pemerintah pusat harus seperti apa teknisnya.

“Ia menjelaskan bahwa sejak diterapkannya social distancing, aktifitas belajar siswa dilaksanakan dengan sistem daring, guru-guru pun sudah tidak ke sekolah, hanya saja ada yang gantian piket,” ucapnya.

Sementara itu, masa belajar mandiri bagi para pelajar kemungkinan akan diperpanjang pemerintah jika mengacu instruksi BNPB terkait masa darurat corna, kemungkinan masa belajar mandiri akan berlangsung hingga akhir Mei 2020. (Tny)